Penerapan strategi Preview, Read, Review (P2R) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas 5 pada mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar : Penelitian tindakan kelas di kelas 5 SDN Cimuncang, kecamatan Tanjungkerta, kabupaten Sumedang

Maulina, Rizki (2025) Penerapan strategi Preview, Read, Review (P2R) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas 5 pada mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar : Penelitian tindakan kelas di kelas 5 SDN Cimuncang, kecamatan Tanjungkerta, kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa. Hal ini didasarkan pada hasil studi pendahuluan yang menunjukkan bahwa siswa kesulitan untuk memahami makna kalimat dan menyimpulkan teks bacaan yang merupakan bagian dari indikator membaca pemahaman. Tujuan penelitian ini adalah: (1) kemampuan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa Indonesia sebelum diterapkan strategi Preview, Read, Review (P2R) di Kelas 5 SDN Cimuncang, (2) proses penerapan strategi P2R pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Kelas 5 SDN Cimuncang pada setiap siklusnya, (3) peningkatan kemampuan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa Indonesia setelah diterapkan strategi P2R di Kelas 5 SDN Cimuncang pada setiap siklusnya. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan campuran (kualitatif dan kuantitatif). Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengadaptasi model Kemmis dan Taggart memuat tahapan perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes, observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui analisis data model Miles dan Hubermen untuk data kualitatif dan teknik analisis statistik deskriptif untuk data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan membaca pemahaman siswa prasiklus memperoleh nilai rata-rata 55,17 “Kurang” dengan persentase ketuntasan klasikal 37,93% pada kategori “Rendah”. 2) proses penerapan strategi P2R pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Kelas 5 dapat terlaksana dengan baik melalui tahapan preview, read, dan review. Persentase aktivitas guru siklus I tindakan 1 yaitu 75,00% sedangkan di tindakan 2 yaitu 85,00%, siklus II tindakan 1 85,00% sedangkan di tindakan 2 yaitu 90,00%, siklus III tindakan 1 yaitu 95,00% sedangkan di tindakan 2 yaitu 100,00%. Adapun untuk rata-rata persentase aktivitas siswa siklus I tindakan 1 yaitu 56,49% sedangkan tindakan 2 yaitu 69,49%, siklus II tindakan 1 yaitu 71,35% sedangkan di tindakan 2 yaitu 79,04%, siklus III tindakan 1 yaitu 80,10% sedangkan di tindakan 2 yaitu 84,08%. 3) Adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa pada setiap siklusnya. Nilai rata-rata yang diperoleh di siklus I adalah 63,79 dengan persentase ketuntasan klaksikal 58,62%, sementara di siklus II memperoleh nilai rata-rata 69,97 dengan persentase ketuntasan klaksikal 68,97% dan di siklus III memperoleh nilai rata-rata 73,42 dengan persentase ketuntasan klaksikal sebesar 79,31%. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan strategi P2R mampu meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa Kelas 5 sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Pemahaman; Strategi Pembelajaran; Preview; Read; Review (P2R)
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Adult Education
Building for Educational and Research Purposes
Building for Educational and Research Purposes > Elementary School Building Architecture
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rizki Maulina
Date Deposited: 20 Aug 2025 03:28
Last Modified: 20 Aug 2025 03:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115445

Actions (login required)

View Item View Item