Huwaida, Raden Luzna (2025) Pengaruh perceived organizational support terhadap produktivitas kerja guru: Penelitian di MA Nurul Iman, MA Sirnamiskin, dan MA Yayasan Pondok Pesantren Sukamiskin. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
3_keteranganbebasplagiarism.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (429kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_daftarlampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Dukungan optimal dari yayasan sangat krusial dalam menjaga motivasi guru agar dapat bekerja secara maksimal. Ketika guru merasa didukung dan dihargai oleh organisasi, mereka cenderung lebih berkomitmen dan termotivasi dengan profesi mereka dalam memberikan pelayanan yang optimal. Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan dari penelitian yang dilakukan peneliti yaitu: (1) Mendekskripsikan Perceived Organizational Support pada guru di MAS Nurul Iman, MAS Sirnamiskin, dan MAS Yayasan Pondok Pesantren Sukamiskin. (2) Mendeskripsikan produktivitas kerja guru di MAS Nurul Iman, MAS Sirnamiskin, dan MAS Yayasan Pondok Pesantren Sukamiskin. (3) Menguji pengaruh Perceived Organizational Support terhadap produktivitas kerja guru di MAS Nurul Iman, MAS Sirnamiskin, dan MAS Yayasan Pondok Pesantren Sukamiskin. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Data dalam studi dikumpulkan melalui distribusi angket dengan menerapkan skala Likert dengan lima pilihan respon yang diberikan kepada 50 responden. Analisis data dilakukan dengan beberapa teknik, termasuk pengujian instrumen data (validitas, reliabilitas, dan analisis parsial per indikator), pengujian asumsi klasik (uji normalitas, uji linearitas, dan uji parsial), serta pengujian koefisien determinasi (R²). Hasil analisis statistik untuk variabel X, yaitu perceived organizational support, menunjukkan nilai rata-rata sebesar 4.36, yang tergolong dalam kategori "Sangat Tinggi". Nilai tersebut mengindikasikan bahwa tanggapan dari guru dan terhadap indikator dalam variabel perceived organizational support (X) dapat dikategorikan sebagai "Sangat Tinggi". Selanjutnya, analisis pada variabel Y, yaitu produktivitas kerja guru, menghasilkan nilai rata-rata sebesar 3.04, yang juga termasuk dalam kategori "cukup". Nilai ini diperoleh dari empat indikator yang menganalisis mengenai perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, prestasi guru, karya pengembangan profesi, dan keikutsertaan dalam forum ilmiah. Berdasarkan hasil analisis peneliti, diketahui bahwa dengan nilai signifikansi 0,01(<0,05) dan nilai t hitung 11.302 > t tabel 2.01. Nilai tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari perceived organizational support terhadap produktivitas kerja guru. Selain itu, diketahui nilai korelasi atau hubungan (R) antara variabel perceived organizational support terhadap produktivitas kerja guru sebesar 0,853 dan R Square (koefisien determinasi) 0,727. Hal tersebut menunjukkan bahwa besar pengaruh perceived organizational support terhadap produktivitas kerja guru yaitu, 72,7% dengan kategori pengaruh yang kuat. Meski begitu, masih terdapat faktor atau variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian sebesar 27,3%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perceived Oraganizational Support; Produktivitas Kerja; Guru |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching General Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Raden Luzna Huwaida |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 06:55 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 06:55 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115493 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |