Sikap siswa mengikuti pembiasaan membaca Al-Quran surat pendek sebelum belajar pengaruhnya terhadap kemampuan mereka membaca Al-Quran: penelitian di SMP Negeri 1 Cileunyi-Bandung

Fitriya, Erma (2010) Sikap siswa mengikuti pembiasaan membaca Al-Quran surat pendek sebelum belajar pengaruhnya terhadap kemampuan mereka membaca Al-Quran: penelitian di SMP Negeri 1 Cileunyi-Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
7_DaftarIsi.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3_bab1.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (BAB III)
5_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text (BAB IV)
6_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari fenomena yang muncul di kelas VIII SMP Negeri 1 Cileunyi-Bandung, yakni sikap siswa dalam mengikuti pembiasaan membaca Al- Quran surat pendek sebelum belajar sudah dilakukan secara optimal, dengan tujuan dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam membaca Al-Quran, lebih jauhnya agar bisa memahami kandungannya, supaya tidak ada lagi peserta didik yang kesulitan bahkan tidak mampu membaca Al-Quran. Akan tetapi meski kegiatan itu kerap dilakukan para siswa setiap hari sebelum proses belajar-mengajar dimulai, namun meski mereka sudah lancar, masih banyak siswa yang masih kesulitan membaca Al-Quran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1). Sikap siswa mengikuti pembiasaan membaca Al-Quran surat pendek sebelum belajar, (2). Kemampuan mereka dalam membaca Al-Quran, (3). Pengaruh sikap siswa mengikuti pembiasaan membaca Al-Quran surat pendek terhadap kemampuan mereka membaca Al-Quran. Penelitian ini bertolak dari kajian teoritis yang menyatakan bahwa diantara faktor yang mempengaruhi kemampuan mereka membaca Al-Quran adalah sikap siswa mengikuti pembiasaan membaca Al-Quran surat pendek sebelum belajar. Hipotesis yang diajukan adalah semakin positif sikap siswa mengikuti pembiasaan membaca Al-Quran surat pendek sebelum belajar, maka semakin tinggi pula kemampuan mereka dalam membaca Al-Quran begitu juga sebaliknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, metode ini dianggap tepat untuk menggali, mengungkap serta menganalisis fenomena yang terjadi pada masa sekarang. Sedangkan tekhnik pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, dan tes. Dalam penelitian ini menggunakan dua analisis yaitu analisis parsial dan analisis korelasional. Dari hasil perhitungan statistik diketahui realitas sikap siswa mengikuti pembiasaan membaca Al-Quran surat pendek sebelum belajar termasuk kategori tinggi dengan nilai rata-rata 3,73, nilai tersebut berada pada interval 3,5 – 4,5 dan realitas kemampuan mereka dalam membaca Al-Quran termasuk kategori sedang dengan nilai rata-rata 3,43, nilai tersebut berada pada interval 2,5 – 3,5. Sedangkan koefisien korelasi antara variabel X dan variabel Y sebesar 0,93, nilai tersebut berada pada interval 0,90 – 1,00 dengan kualifikasi sangat tinggi dan mempunyai hubungan yang signifikan karena ketentuan t hitung > t tabel yaitu 16,7 > 2,02 hal ini menunjukan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan kadar pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 63% sedangkan 37% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Al-Quran,Pembiasaan Membaca Al-Quran Surat Pendek,Sikap Siswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ija Suntana
Date Deposited: 15 Apr 2016 01:20
Last Modified: 13 Sep 2018 06:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1155

Actions (login required)

View Item View Item