pengaruh konten ceramah agama Gus Baha, Adi Hidayat, Khalid Basalamah di Tiktok dan Youtube terhadap sikap dan pengetahuan keberagamaan masyarakat Kota Bogor

Fakhrudin, Fakhrudin (2025) pengaruh konten ceramah agama Gus Baha, Adi Hidayat, Khalid Basalamah di Tiktok dan Youtube terhadap sikap dan pengetahuan keberagamaan masyarakat Kota Bogor. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
cover pidato akademik sidang terbuka.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
s3saa surat bebas plagiasi-fakhrudin.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI baru (1).pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (871kB) | Preview
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
rekap lampiran analisis statistik .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)

Abstract

Kemajuan teknologi dan perkembangan media sosial telah mengubah cara manusia mengakses dan berinteraksi dengan informasi, termasuk dalam bidang agama. Platform media sosial seperti Tiktok dan Youtube menjadi media yang efektif dalam menyampaikan pesan-pesan keagamaan. Pesan-pesan tersebut dapat berpengaruh signifikan terhadap pandangan pengetahuan dan sikap keagamaan masyarakat, terutama di kalangan masyarakat di Indonesia. Dalam penelitian ini meneliti tiga tokoh keagamaan yaitu Gus Baha, Adi Hidayat, dan Khalid Basalamah Dalam era digital, media sosial memainkan peran signifikan dalam membentuk cara pandang keagamaan masyarakat. Studi ini menggunakan pendekatan mix methode kuantitatif dan kualitatif dengan metode survei terhadap responden dan observasi terhadp pengguna konten media yang aktif mengakses ceramah ketiga tokoh tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas konsumsi konten dakwah di media sosial dan tingkat pengetahuan serta sikap toleran dalam kehidupan beragama. Dari Analisis determinasi menunjukkan besarnya variable independen memberikan kontribusi terhadap variabel dependen. Analisis determinasi digunakan untuk mengetahui prosentase sumbangan pengaruh variabel independen secara serentak terhdap variabel dependen. Dapat diketahui bahwa variabel Tiktok dan Youtube secara bersamasama memiliki sumbangan pengaruh terhadap pengetahuan dan sikap keberagamaan sebesar 0,882 atau 88,2% dari Masyarakat kota Bogor yang kami survai dan sisa nya dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Namun, perbedaan gaya dakwah dan penekanan pada aspek-aspek tertentu dalam ceramah juga memengaruhi persepsi masyarakat terhadap nilai-nilai sikap dan pengetahuan keberagamaan. Sementara temuan kualitatif hasil dari observasi terhadap Masyarakat yang mengkonsumsi konten ceramah keagamaan menunjukan adanya perubahan sikap dan pengetahuan misalnya Masyarakat curug kota bogor “Saya pilih Adi Hidayat untuk tafsir Al-Qur'an, Khalid Basalamah untuk fiqh sehari-hari, dan Gus Baha kalau butuh pencerahan hidup." menjadikanya konten ceramah agama sebagai saran untuk memahami sikap dan pengetahuan kebegamaaan di kota Bogor. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan narasi keagamaan yang inklusif dan membangun harmoni sosial dalam masyarakat multikultural seperti Kota Bogor.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: ceramah agama; pengetahuan dan sikap keberagamaan beragama; media sosial; Youtube; Tiktok; Kota Bogor
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi, Studi Agama Agama > Konsentrasi Agama dan Media
Depositing User: Fakhrudin Fakhrudin
Date Deposited: 21 Aug 2025 06:47
Last Modified: 21 Aug 2025 06:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115625

Actions (login required)

View Item View Item