Pengaruh model pembelajaran ERCoRe (Eliciting, Restructuring, Confirming, Reflecting) terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi inovasi teknologi biologi

Muzanni, Helmy Shandria (2025) Pengaruh model pembelajaran ERCoRe (Eliciting, Restructuring, Confirming, Reflecting) terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi inovasi teknologi biologi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir tingkat tinggi memiliki potensi besar untuk dikembangkan dalam pembelajaran biologi. Namun, keterampilan ini belum banyak dikembangkan sebagai pendukung kecakapan abad ke-21, khususnya pada materi inovasi teknologi biologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran ERCoRe terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi inovasi teknologi biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan desain non-equivalent control group dan teknik purposive sampling dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi, pre-test, post-test, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model ERCoRe melalui aktivitas guru dan peserta didik sebesar 94,39% (sangat baik) dan 92,59% (sangat baik), sedangkan yang tanpa menggunakan model ERCoRe sebesar 91,83% (sangat baik) dan 88,90% (sangat baik). Hasil keterampilan berpikir tingkat tinggi menggunakan model ERCoRe diperoleh nilai rata-rata pre-test 44,10 (kurang), post-test 83,50 (baik), dan N-Gain 0,70 (tinggi), sedangkan yang tanpa model ERCoRe pre-test sebesar 45,80 (kurang), post-test 78,70 (baik), dan N-Gain 0,60 (sedang). Hasil respon peserta didik terhadap model ERCoRe sebesar 78,72% (baik) sedangkan yang tanpa model ERCoRe sebesar 77,57% (baik). Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ERCoRe berpengaruh terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi inovasi teknologi biologi dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,004 < 0,05 dan nilai effect size sebesar 0,32 berkriteria sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Inovasi Teknologi Biologi; Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi; Model ERCoRe
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Secondary Education > Upper Level Secondary School
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Architecture from Earlies Times
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Helmy Shandria Muzanni
Date Deposited: 22 Aug 2025 03:59
Last Modified: 31 Aug 2025 15:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115677

Actions (login required)

View Item View Item