Peer group counseling dalam meminimalisir perilaku fanatik Korean Wave pada remaja

Khairunnisa, Atikah (2025) Peer group counseling dalam meminimalisir perilaku fanatik Korean Wave pada remaja. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER SKRIPSI only.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK new.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Keterangan bebas plagiarism)
Turnitin.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI okpdf.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I OKPDF.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II OKPDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III OKPDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB IV OKPDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA OKPDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perilaku fanatik terhadap Korean Wave menjadi fenomena yang marak di kalangan remaja, terutama pada siswa tingkat menengah atas. Perilaku ini seringkali memengaruhi cara berpikir, emosi, dan tindakan mereka, seperti obsesi berlebihan terhadap idola, meniru gaya hidup, hingga mengorbankan waktu dan uang. Penyebaran Korean Wave sangat mudah karena adanya social media. Fenomena ini menjadi perhatian serius mengingat remaja sedang berada dalam fase perkembangan identitas yang sangat dipengaruhi oleh lingkungan sosial dan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk perilaku fanatik yang ditunjukkan oleh siswa kelas XI SMAIT Tunas Harapan Ilahi, faktor-faktor yang menyebabkan munculnya perilaku tersebut, serta bagaimana peer group counseling membantu mengurangi dan meminimalisir perilaku fanatik terhadap Korean Wave. Penelitian ini menggunakan teori Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) yang digabungkan dengan nilai-nilai Islam sebagai pendekatan. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI SMAIT Tunas Harapan Ilahi Tangerang dengan menggunakan metode kualitatif studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk perilaku fanatik yang terlihat antara lain berupa obsesi terhadap idola, meniru gaya hidup, tontonan yang menyimpang dan pengorbanan materi. Faktor-faktor seperti pengaruh teman sebaya, kurangnya perhatian oleh keluarga, media sosial, dan pencarian jati diri berperan besar dalam munculnya perilaku ini. Peer group counseling terbukti dapat membantu siswa memahami dan mengendalikan perilaku mereka. Meskipun tidak semua siswa berubah sepenuhnya, sebagian besar dari mereka berhasil mengurangi tingkat fanatismenya secara signifikan. Hal ini tercermin dari perubahan kebiasaan siswa, seperti berkurangnya minat untuk membeli merchandise atau produk yang dipromosikan oleh idolanya. Selain itu, mereka mulai menyusun jadwal harian untuk meningkatkan kedisiplinan dan menghindari kebiasaan menunda-nunda tugas. Intensitas menonton drama juga mengalami penurunan, dengan jumlah episode yang ditonton per hari menjadi lebih terkendali. Sebagian lainnya masih membutuhkan waktu untuk benar-benar berubah, tetapi perkembangan positif telah terlihat pada perilaku mereka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peer Group Counseling; Bimbingan Islam; Konseling Kelompok; Remaja; Fanatik; Korean Wave
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Islam > Rites, Prayer
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bimbingan Perkawinan BP4
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
History of Modern China > History of Korea
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Khairunnisa Atikah
Date Deposited: 22 Aug 2025 02:38
Last Modified: 22 Aug 2025 02:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115691

Actions (login required)

View Item View Item