Fajar, Muhammad Faisal Malik (2025) Penerapan pembelajaran berbasis masalah pada pembuatan zat anti api dari kulit singkong (Manihot esculenta) dan buah jeruk (Citrus sp) pada materi kimia hijau untuk mengembangkan literasi lingkungan peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftar isi.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (268kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas peserta didik pada penerapan pembelajaran berbasis masalah, menganalisis pengembangan literasi lingkungan setelah dilakukan penerapan pembelajaran dan menganalisis hasil optimasi pembuatan zat anti api dari kulit singkong dan buah jeruk. Metode yang digunakan adalah pre-experiment dengan desain one-shot case study. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X.1 MAS Nihayatul Amal Purwasari dengan jumlah 15 orang. Instrumen yang digunakan berupa deskripsi pembelajaran, lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar kerja peserta didik, rubrik penilaian lembar kerja, soal tes literasi lingkungan, rubrik soal tes literasi lingkungan, serta angket literasi lingkungan pada aspek sikap dan tindakan terhadap lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan nilai aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah menunjukkan nilai rata-rata 91 dengan interpretasi sangat baik. Nilai tes literasi lingkungan dinilai dengan hasil tes literasi lingkungan pada aspek 1) pengetahuan, 2) keterampilan kognitif, 3) sikap terhadap lingkungan, dan 4) tindakan terhadap lingkungan memperoleh nilai rata-rata 81 dengan interpretasi sangat baik. Pada angket literasi lingkungan pada aspek sikap terhadap lingkungan dan tindakan terhadap lingkungan secara keseluruhan memperoleh nilai 83 dengan interpretasi sangat baik. Hasil optimasi pembuatan zat anti api dari kulit singkong dan buah jeruk terbukti dapat meminimalisir atau menghambat api. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah pada pembuatan zat anti api dari kulit singkong (Manihot esculenta) dan buah jeruk (Citrus sp) pada materi kimia hijau dapat mengembangkan literasi lingkungan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Lingkungan Pembelajaran; dari Kulit Singkong dan Buah Jeruk |
Subjects: | Ecology > Environmental Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Muhammad Faisal Malik Fajar Fajar |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 03:14 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 03:14 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115705 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |