Naufal, Muhammad Andra (2025) Penerapan LK berbasis proyek pada pembelajaran struktur atom untuk meningkatkan hasil belajar menggunakan orbital viewer untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_Cover.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
2_Abstrak.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
3_Sk bebas plagiasi.pdf Download (384kB) | Preview |
|
|
Text
3_Bebas Plagiasi.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
4_Daftar Isi.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
5_Bab I.pdf Download (652kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (611kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (441kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) | Request a copy |
|
|
Text
10_Daftar Pustaka.pdf Download (272kB) | Preview |
|
![]() |
Text
11_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penerapan Lembar Kerja (LK) siswa berbasis proyek dilakukan sebagai media alternatif pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar dari siswa pada materi struktur atom dengan bantuan aplikasi Orbital Viewer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar serta menganalisis kemampuan dan mendeskripsikan aktivitas siswa melalui penerapan lk berbasis proyek menggunakan aplikasi orbital viewer pada materi atom dan struktur atom Metode dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan desainnya adalah one shot case study serta menerapkan Project Based Learning (PjBL). Subjek penelitian terdiri atas 27 siswa kelas X yang berada di salah satu SMA di daerah Kota Bandung. Adapun instrumen penelitian yang digunakan meliputi soal pretest dan juga posttest, serta lembar penilaian aktivitas dan produk LKS. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan melalui tahapan perencanaan proyek, pelaksanaan LKS berbasis proyek dengan bantuan Orbital Viewer, presentasi hasil, dan evaluasi capaian pembelajaran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasannya nilai rata-rata pretest siswa adalah 26,5 dengan kategori gagal, dan meningkat menjadi 75,4 dengan kategori baik pada posttest. Pada uji-t menunjukkan t-hitung sebesar 14,51 lebih besar dari t-tabel 1,714, yang menandakan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan. Selain itu, siswa juga menunjukkan peningkatan aktivitas belajar, keterampilan kolaboratif, dan pemahaman konseptual melalui visualisasi bentuk orbital atom dalam format 3D yang interaktif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwasannya penerapan LKS berbasis proyek dengan integrasi aplikasi Orbital Viewer efektif digunakan sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa pada materi struktur atom
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar; lembar kerja siswa; Orbital Viewer; PjBL; struktur atom |
Subjects: | Education, Research Christian Experience, Practice, Life |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | ananda muhammad andra naufal naufal |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 06:31 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 06:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115730 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |