Penerapan LK berbasis proyek pada pembelajaran struktur atom untuk meningkatkan hasil belajar menggunakan orbital viewer untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Naufal, Muhammad Andra (2025) Penerapan LK berbasis proyek pada pembelajaran struktur atom untuk meningkatkan hasil belajar menggunakan orbital viewer untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_Sk bebas plagiasi.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_Bebas Plagiasi.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_Daftar Isi.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_Bab I.pdf

Download (652kB) | Preview
[img] Text
6_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text
7_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text
8_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
10_Daftar Pustaka.pdf

Download (272kB) | Preview
[img] Text
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penerapan Lembar Kerja (LK) siswa berbasis proyek dilakukan sebagai media alternatif pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar dari siswa pada materi struktur atom dengan bantuan aplikasi Orbital Viewer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar serta menganalisis kemampuan dan mendeskripsikan aktivitas siswa melalui penerapan lk berbasis proyek menggunakan aplikasi orbital viewer pada materi atom dan struktur atom Metode dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan desainnya adalah one shot case study serta menerapkan Project Based Learning (PjBL). Subjek penelitian terdiri atas 27 siswa kelas X yang berada di salah satu SMA di daerah Kota Bandung. Adapun instrumen penelitian yang digunakan meliputi soal pretest dan juga posttest, serta lembar penilaian aktivitas dan produk LKS. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan melalui tahapan perencanaan proyek, pelaksanaan LKS berbasis proyek dengan bantuan Orbital Viewer, presentasi hasil, dan evaluasi capaian pembelajaran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasannya nilai rata-rata pretest siswa adalah 26,5 dengan kategori gagal, dan meningkat menjadi 75,4 dengan kategori baik pada posttest. Pada uji-t menunjukkan t-hitung sebesar 14,51 lebih besar dari t-tabel 1,714, yang menandakan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan. Selain itu, siswa juga menunjukkan peningkatan aktivitas belajar, keterampilan kolaboratif, dan pemahaman konseptual melalui visualisasi bentuk orbital atom dalam format 3D yang interaktif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwasannya penerapan LKS berbasis proyek dengan integrasi aplikasi Orbital Viewer efektif digunakan sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa pada materi struktur atom

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; lembar kerja siswa; Orbital Viewer; PjBL; struktur atom
Subjects: Education, Research
Christian Experience, Practice, Life
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: ananda muhammad andra naufal naufal
Date Deposited: 22 Aug 2025 06:31
Last Modified: 22 Aug 2025 06:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115730

Actions (login required)

View Item View Item