Nurhidayah, Nurhidayah (2025) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis moodle untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan Self Regulated Learning siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (409kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (655kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (529kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
Media pembelajaran interaktif berbasis Moodle berpotensi besar meningkatkanaktivitas dan kualitas pembelajaran siswa. Namun, keterbatasan akses infrastruktur digital dan koneksi internet yang tidak merata sering membatasi penggunaannya. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media interaktif terintegrasi Moodle, sekaligus mengevaluasi efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman matematis dan self-regulated learning siswa. Metodologi yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Pengumpulan data primer meliputi pretest-posttest untuk pemahaman matematis, angket praktikalitas, dan angket untuk mengukur peningkatan self-regulated learning. Hasil analisis menunjukkan rerata skor N-Gain pemahaman matematis berada pada kategori sedang, mengindikasikan adanya peningkatan. Lebih krusial, uji-t berpasangan mengonfirmasi peningkatan signifikan pada kemampuan self-regulated learning siswa setelah menggunakan media. Respons angket praktikalitas secara konsisten menyatakan media ini sangat praktis. Dengan demikian, media pembelajaran yang dikembangkan ini dapat dikonklusikan sebagai efektif, praktis, dan layak untuk mendukung proses pembelajaran, sekaligus meningkatkan pemahaman matematis dan kemampuan self-regulated learning siswa
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran interaktif; moodle; kemampuan pemahaman matematis; self regulated learning |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nurhidayah Nurhidayah |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 01:25 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 01:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115773 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |