Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis moodle untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan Self Regulated Learning siswa

Nurhidayah, Nurhidayah (2025) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis moodle untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan Self Regulated Learning siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran interaktif berbasis Moodle berpotensi besar meningkatkanaktivitas dan kualitas pembelajaran siswa. Namun, keterbatasan akses infrastruktur digital dan koneksi internet yang tidak merata sering membatasi penggunaannya. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media interaktif terintegrasi Moodle, sekaligus mengevaluasi efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman matematis dan self-regulated learning siswa. Metodologi yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Pengumpulan data primer meliputi pretest-posttest untuk pemahaman matematis, angket praktikalitas, dan angket untuk mengukur peningkatan self-regulated learning. Hasil analisis menunjukkan rerata skor N-Gain pemahaman matematis berada pada kategori sedang, mengindikasikan adanya peningkatan. Lebih krusial, uji-t berpasangan mengonfirmasi peningkatan signifikan pada kemampuan self-regulated learning siswa setelah menggunakan media. Respons angket praktikalitas secara konsisten menyatakan media ini sangat praktis. Dengan demikian, media pembelajaran yang dikembangkan ini dapat dikonklusikan sebagai efektif, praktis, dan layak untuk mendukung proses pembelajaran, sekaligus meningkatkan pemahaman matematis dan kemampuan self-regulated learning siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran interaktif; moodle; kemampuan pemahaman matematis; self regulated learning
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurhidayah Nurhidayah
Date Deposited: 25 Aug 2025 01:25
Last Modified: 25 Aug 2025 01:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115773

Actions (login required)

View Item View Item