Pratami, Virni Nur (2025) Komunikasi visual tentang nilai-nilai keislaman untuk anak pada program For Childern di akun Instagram Human Initiative Jabar. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
1000372546 (1).pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
[edit] 5_bab1.pdf Download (594kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2 (4).pdf Restricted to Registered users only Download (690kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
[edit] 7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (65kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
INDONESIA: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan Lembaga Human Initiative Jawa Barat yang memanfaatkan media sosial Instagram untuk menyampaikan setiap program tentang pemenuhan hak anak berdasarkan nilai keislaman. Pentingnya penyampaian nilai-nilai keislaman melalui komunikasi visual di instagram menjadi semakin relevan karena maraknya permasalahan anak karena kurangnya kasih sayang dan akses pendidikan, sehingga perlu dikaji bagaimana konsep, ide, rancangan visual dan proses produksi pesan dalam program For Children di akun instagram Human Initiave Jabar dapat menjawab persoalan tersebut secara startegis dan edukatif. Human Initiative menggunakan komunikasi visual yang tersaji dalam fitur-fitur di Instagram untuk menyampaikan pesan yang mengandung nilai keislaman dan berkaitan dengan pemenuhan hak anak yatim dhuafa. Sehingga tidak ada respon negatif dari followers atau khalayak yang melihat pesan visual Human Initiative Jabar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembuatan konsep, ide dan merancang pesan visual yang mengandung nilai keislaman tentang pemenuhan hak anak di akun Instagram Human Initiative Jabar. Penelitian ini juga mencoba untuk menggali proses produksi pesan dalam menyampaikan nilai keislaman tentang pemenuhan hak anak di akun Instagram Human Initiative Jabar. Teori yang diaplikasikan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi visual meliputi konsep, ide, rancangan pesan visual dan produksi pesan visual. Teori ini didukung dengan kajian konsep visualisasi nilai-nilai keislaman, dakwah media baru dan kajian tentang media sosial atau instagram. Teori dan konsep menjadi pisau analisa untuk mengupas bagaimana pola komunikasi visual yang diterapkan Human Initiative Jabar dalam menyampaikan pesan-pesan visualnya. Metode yang digunakan adalah studi kasus ditunjukan untuk mendeskripsikan dan atau menggambarkan fenomena-fenomena yang terjadi, seperti penyampaian nilai keislaman tentang pemenuhan hak anak melalui pesan visual. Sehingga, pendekatan dalam penelitian ini ialah kualitatif untuk mendeskripsikan serta mengkontruksi keadaan yang rill dalam konteks social melalui data yang diperoleh dari wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam konsep pembuatan pesan visual mengandung nilai unsur ilustrasi dan teks yang berguna untuk menyampaikan nilai keislaman. Sedangkan, untuk ide pesan visual bersumber dari program initiative for children, lapangan, momen tertentu (seperti hari raya idul adha, Ramadan dan lainnya) dan nilai-nilai keislaman terkait pemenuhan hak anak yatim dhuafa. Dalam hal perancangan ini memadukan beberapa unsur visual seperti tifografi, fotografi, symbol, logo dan warna. Perpaduan unsur itu memberikan keindahan secara visual yang dapat menyampaikan nilai-nilai keislaman tentang pemenuhan hak anak dan dapat dipahami oleh khalayak. Pada tahapan produksi ini melalui tiga tahapan yakni, (1) Penyelesaian; (2) Promosi dan Evaluasi. Perpaduan konsep, ide, rancangan visual dan proses produksi pesan visual menciptakan konten-konten yang mengandung nilai keislaman yang mudah dimengerti dan hal ini masuk dalam kategori dakwah fardiyyah. Karena adanya nilai ajakan kepada kebaikan, yakni memenuhi kebutuhan atau hak pada anak yatim dhuafa. ENGLISH: This research is motivated by the activities of the Human Initiative West Java organization, which utilizes Instagram as a medium to communicate its programs on fulfilling children's rights based on Islamic values. The importance of conveying Islamic values through visual communication on Instagram has become increasingly relevant due to the growing issues faced by children, such as lack of affection and limited access to education. Therefore, it is necessary to examine how the concepts, ideas, visual designs, and message production processes in the For Children program on the Human Initiative Jabar Instagram account strategically and educationally address these issues. Human Initiative employs visual communication through various Instagram features to deliver messages that incorporate Islamic values and relate to the fulfillment of the rights of orphaned and underprivileged children. As a result, there has been no negative response from followers or the audience toward the visual messages shared by Human Initiative Jabar. This study aims to determine the process of making concepts, ideas and designing visual messages that contain Islamic values regarding the fulfillment of children's rights on the Human Initiative Jabar Instagram account. This study also tries to explore the message production process in conveying Islamic values regarding the fulfillment of children's rights on the Human Initiative Jabar Instagram account. The theory applied in this research is visual communication theory including concepts, ideas, visual message design and visual message production. This theory is supported by a study of the concept of visualization of Islamic values, new media da'wah and studies on social media or Instagram. Theories and concepts become an analysis knife to explore how the visual communication patterns applied by the West Java Human Initiative in conveying its visual messages. The method used is a case study intended to describe and or describe the phenomena that occur, such as the delivery of Islamic values regarding the fulfillment of children's rights through visual messages. Thus, the approach in this study is qualitative to describe and construct a real situation in a social context through data obtained from interviews, observations and documentation studies The results showed that the concept of making visual messages contains the value of illustration and text elements that are useful for conveying Islamic values. Meanwhile, the ideas for visual messages come from the initiative for children program, the field, certain moments (such as Eid al-Adha, Ramadan and others) and Islamic values related to the fulfillment of the rights of orphans. In terms of this design, it combines several visual elements such as typography, photography, symbols, logos and colors. The combination of these elements provides visual beauty that can convey Islamic values about the fulfillment of children's rights and can be understood by the audience. In this production stage, there are three stages, namely, (1) Completion; (2) Promotion and Evaluation. The combination of concepts, ideas, visual design and the production process of visual messages creates content that contains Islamic values that are easy to understand and this is included in the category of da'wah fardiyyah. Because there is a value of invitation to goodness, namely fulfilling the needs or rights of orphans.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Visual; Nilai Keislaman; Pemenuhan Hak Anak; Human Initiative Jawa Barat |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Virni Nur Pratami |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 07:44 |
Last Modified: | 26 Aug 2025 02:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115864 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |