Regina, Milleandi Indra (2025) Budaya Sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam penguatan karakter religius pBudaya sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam penguatan karakter religius pada siswa SMK Bandung Timurada siswa SMK Bandung Timur. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
Surat Pernyataan Karya Sendiri.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (427kB) | Preview |
|
![]() |
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (627kB) |
|
![]() |
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) |
|
![]() |
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
![]() |
Text
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
|
![]() |
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) |
|
![]() |
Text
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Krisis nilai religius di kalangan pelajar, khususnya di tingkat SMK, menjadi tantangan serius dalam dunia pendidikan. Sekolah dituntut tidak hanya mencerdaskan secara intelektual, tetapi juga membentuk karakter spiritual siswa. SMK Bandung Timur menjadi objek penting untuk melihat bagaimana budaya sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan berperan dalam pembentukan karakter religius peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi budaya sekolah yang dapat menguatkan karakter religius siswa di SMK Bandung Timur; 2) mengidentifikasi kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yang dapat menguatkan karakter religius siswa di SMK Bandung Timur; 3) menganalisis karakter religius siswa yang dikuatkan oleh budaya sekolah di SMK Bandung Timur, dan 4) menganalisis karakter religius siswa yang dikuatkan oleh kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMK Bandung Timur. Penelitian ini didasarkan pada tiga teori utama. Pertama, teori pendidikan karakter dari Thomas Lickona yang menyatakan bahwa karakter terbentuk melalui tiga unsur utama, yaitu pengetahuan moral, perasaan moral, dan tindakan moral. Kedua, teori pembelajaran sosial dari Albert Bandura yang menekankan bahwa perilaku individu terbentuk melalui proses pengamatan terhadap lingkungan, peniruan (modeling), serta pengalaman sosial yang diperoleh secara langsung. Ketiga, teori religiusitas dari Glock dan Stark yang memandang religiusitas sebagai konsep yang mencakup lima dimensi, yakni ideologis, ritualistik, intelektual, eksperiensial, dan konsekuensial. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Budaya sekolah seperti shalat berjamaah, tadarus Al-Qur’an, dan budaya 5S membentuk karakter religius siswa, seperti kedisiplinan, kejujuran, sopan santun, dan cinta Al-Qur’an; 2) Kegiatan ekstrakurikuler keagamaan seperti Rohis, Tahfidz, dan mentoring menguatkan karakter keberanian berdakwah, empati, kepedulian sosial, dan kepemimpinan Islami; 3) Budaya sekolah juga menumbuhkan ketekunan, kesabaran, amanah, dan sikap hormat kepada guru melalui pembiasaan rutin; 4) Ekstrakurikuler keagamaan menjadi sarana pembelajaran langsung yang membentuk tanggung jawab dan memperkuat pengalaman spiritual siswa. Penelitian ini merekomendasikan agar pihak sekolah, pembina ekstrakurikuler, guru, dan orang tua bersinergi dalam mempertahankan serta mengembangkan budaya sekolah dan kegiatan keagamaan yang kreatif dan aplikatif, guna memastikan penguatan karakter religius siswa berlangsung secara berkelanjutan di sekolah maupun di rumah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Budaya sekolah; Ekstrakurikuler keagamaan; Karakter religius; |
Subjects: | Islam Islam > Islamic Religious Education Secondary Education > Academic and Vocational School |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Regina Mileandi Indra |
Date Deposited: | 28 Aug 2025 03:20 |
Last Modified: | 28 Aug 2025 03:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116002 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |