Pengembangan bahan ajar berbasis Science, Technology, Religion, Engineering, Art, Mathematics (STREAM) berbantuan lumio untuk meningkatkan kemampuan berpikir sistematis siswa

Fauziah, Anjani Akmal (2025) Pengembangan bahan ajar berbasis Science, Technology, Religion, Engineering, Art, Mathematics (STREAM) berbantuan lumio untuk meningkatkan kemampuan berpikir sistematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarisme.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (597kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

Matematika memiliki peran penting dalam mendorong perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Di era pembelajaran abad ke-21 siswa dituntut tidak hanya memahami konsep, tetapi juga mampu mengaitkan pengetahuan antar disiplin ilmu serta memecahkan masalah secara kritis dan sistematis. Namun, kemampuan berpikir sistematis siswa masih memerlukan perhatian untuk ditingkatkan, sehingga dibutuhkan bahan ajar inovatif yang mampu mendukung ketercapaian kompetensi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berbasis Science, Technology, Religion, Engineering, Art, Mathematics (STREAM) berbantuan Lumio untuk meningkatkan kemampuan berpikir sistematis siswa pada materi perbandingan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang mencakup tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian dalam uji coba bahan ajar adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Soreang. Instrumen yang digunakan meliputi tes kemampuan berpikir sistematis dan angket non-tes untuk menilai kepraktisan bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validitas oleh ahli materi dan ahli bahan ajar memperoleh rata-rata persentase 87% dengan kategori sangat valid, uji praktikalitas dari siswa memperoleh rata-rata persentase 81% dengan kategori praktis, dan dari guru matematika memperoleh persentase 86% sangat praktis; uji efektivitas memperoleh persentase 73% menunjukkan bahan ajar berada pada kategori efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir sistematis siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar matematika berbasis Science, Technology, Religion, Engineering, Art, Mathematics (STREAM) berbantuan Lumio yang dikembangkan layak, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran dan berpotensi membantu siswa dalam memahami konsep matematika secara lebih sistematis dan interaktif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar; Kemampuan Berpikir Sistematis; Lumio; STREAM
Subjects: Science and Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Anjani Akmal Fauziah
Date Deposited: 26 Aug 2025 02:20
Last Modified: 26 Aug 2025 02:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116007

Actions (login required)

View Item View Item