Setiadi, Waqyu (2025) Sitem rekomendasi seleksi pemain sepakbola menggunakan algoritma K-Means. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
10_lembarpernyataankarya (2).pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (233kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (704kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_daftarlampiran (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) | Request a copy |
Abstract
Sepakbola merupakan salah satu cabang olahraga yang paling diminati oleh banyak orang di seluruh dunia, asosiasi sepakbola dunia FIFA menyebutkan bahwasannya sepakbola secara resmi dimainkan oleh lebih dari 200 negara di seluruh dunia. Salah satu cabang keilmuan yang lahir dari sepakbola adalah data analitik sepakbola, kian hari perkembangannya mengarah kepada digitalisasi pada setiap aspeknya. Maka dari itu dirancang sebuah sistem rekomendasi seleksi pemain sepakbola menggunakan machine learning, secara khusus untuk dapat mengelompokan data statistik pemain sepakbola. Algoritma k-means digunakan untuk mengimplementasikan data-data tersebut, model bekerja untuk membuat cluster dengan menentukan nilai (k) yang paling efektif melalui pengujian silhouette score dan elbow method. Nilai cluster paling efektif berada pada nilai cluster = 4 dan dataset yang digunakan berasal dari situs data analitik yang berisikan statistik sepakbola yaitu fbref.com. Dilakukan pengujian untuk menemukan pemain yang mirip berdasarkan seleksi pemain yang telah dilakukan menggunakan metrik cosine similarity, penilaian tersebut didasarkan pada fitur yang telah dipilih sebelumnya yaitu passing and creativity stats, defense stats, possession and dribbling stats, dan shooting and finishing stats. Sehingga aplikasi memberikan hasil akhir berupa kelompok-kelompok pemain yang memiliki statistik serupa dengan yang diseleksi, hal ini merupakan capaian akhir dalam tujuan membantu pelatih dalam melakukan scouting pemain sepakbola.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Rekomendasi; Machine Learning; K-Means; Cosine Similarity |
Subjects: | Data Processing, Computer Science > Computer and Human Data Processing, Computer Science > Computer Performance Evaluation |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika |
Depositing User: | Waqyu Waqyu Setiadi |
Date Deposited: | 26 Aug 2025 03:31 |
Last Modified: | 26 Aug 2025 03:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116025 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |