Sitem rekomendasi seleksi pemain sepakbola menggunakan algoritma K-Means

Setiadi, Waqyu (2025) Sitem rekomendasi seleksi pemain sepakbola menggunakan algoritma K-Means. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
10_lembarpernyataankarya (2).pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_daftarlampiran (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB) | Request a copy

Abstract

Sepakbola merupakan salah satu cabang olahraga yang paling diminati oleh banyak orang di seluruh dunia, asosiasi sepakbola dunia FIFA menyebutkan bahwasannya sepakbola secara resmi dimainkan oleh lebih dari 200 negara di seluruh dunia. Salah satu cabang keilmuan yang lahir dari sepakbola adalah data analitik sepakbola, kian hari perkembangannya mengarah kepada digitalisasi pada setiap aspeknya. Maka dari itu dirancang sebuah sistem rekomendasi seleksi pemain sepakbola menggunakan machine learning, secara khusus untuk dapat mengelompokan data statistik pemain sepakbola. Algoritma k-means digunakan untuk mengimplementasikan data-data tersebut, model bekerja untuk membuat cluster dengan menentukan nilai (k) yang paling efektif melalui pengujian silhouette score dan elbow method. Nilai cluster paling efektif berada pada nilai cluster = 4 dan dataset yang digunakan berasal dari situs data analitik yang berisikan statistik sepakbola yaitu fbref.com. Dilakukan pengujian untuk menemukan pemain yang mirip berdasarkan seleksi pemain yang telah dilakukan menggunakan metrik cosine similarity, penilaian tersebut didasarkan pada fitur yang telah dipilih sebelumnya yaitu passing and creativity stats, defense stats, possession and dribbling stats, dan shooting and finishing stats. Sehingga aplikasi memberikan hasil akhir berupa kelompok-kelompok pemain yang memiliki statistik serupa dengan yang diseleksi, hal ini merupakan capaian akhir dalam tujuan membantu pelatih dalam melakukan scouting pemain sepakbola.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sistem Rekomendasi; Machine Learning; K-Means; Cosine Similarity
Subjects: Data Processing, Computer Science > Computer and Human
Data Processing, Computer Science > Computer Performance Evaluation
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Waqyu Waqyu Setiadi
Date Deposited: 26 Aug 2025 03:31
Last Modified: 26 Aug 2025 03:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116025

Actions (login required)

View Item View Item