Fadhilah, Fika Nur (2025) Deskripsi etnomatematika pada bangunan bersejarah Monumen Yogya Kembali. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftar isi.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (467kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Monumen Yogya Kembali merupakan simbol perjuangan rakyat Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan yang kaya akan nilai-nilai sejarah, budaya, dan makna simbolis. Monumen ini tidak hanya menampilkan koleksi sejarah yang memiliki fungsi edukatif, tetapi juga menyimpan elemen-elemen matematika yang tercermin dalam desain bangunan maupun objek-objek yang dipamerkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menjelaskan karakteristik dan filosofi arsitektur serta koleksi sejarah yang berkaitan dengan konsep matematika, serta mengidentifikasi keterhubungan dengan konsep-konsep matematika. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan etnografi dalam kerangka etnomatematika, melalui observasi langsung dan wawancara. Temuan penelitian meliputi: (a) karakteristik dan filosofi Monumen Yogya Kembali memperlihatkan perpaduan nilai historis, filosofis, dan pendidikan melalui struktur kerucut yang melambangkan rasa syukur serta budaya Jawa serta mencerminkan nilai-nilai perjuangan, keharmonisan, serta spiritualitas; (b) unsur matematika pada bangunan mencakup konsep geometri dua dan tiga dimensi, serta transformasi seperti refleksi; (c) konsep matematika dalam koleksi sejarah meliputi bentuk-bentuk geometri, skala, sudut, kesebangunan, kekongruenan, dan himpunan. Temuan ini menegaskan bahwa pembelajaran matematika dapat dilakukan secara kontekstual melalui pengenalan terhadap warisan budaya dan bangunan bersejarah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etnomatematika; Konsep Matematika; Budaya Lokal; Monumen Yogya Kembali |
Subjects: | Education Mathematics Geometry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fika Nur Fadhilah |
Date Deposited: | 26 Aug 2025 07:55 |
Last Modified: | 26 Aug 2025 07:55 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116055 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |