Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan bantuan android melalui pembelajaran master untuk meningkatkan kemampuan pemahaman IPAS siswa

Primastuti, Winanti (2025) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan bantuan android melalui pembelajaran master untuk meningkatkan kemampuan pemahaman IPAS siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK (BEBAS PLAGIARISME))
3_keteranganbebasplagiarisme.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar isi.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_Bab I.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[img] Text (BAB III)
7_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text (BAB IV)
8_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
9_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pengembangan media dalam pembelajaran IPA sangat penting, dapat membantu siswa dalam memahami materi yang abstrak salah satunya dengan memanfaatkan android. Namun realitanya, masih banyak sebagian pendidik dan peserta didik yang belum memanfaatkan android dengan maksimal dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan Lembar Kerja Peserta Dididk (LKPD) interaktif dengan bantuan android (aplikasi Sikair) dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa pada materi siklus air di kelas V Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu research and development, menggunakan model Analysis, Design, Development, Implentation, Evaluation (ADDIE). Instrument yang digunakan tes kemampuan IPAS, angket, wawancara, dokumentasi. Adapun sumber data yang diperoleh berasal dari validasi ahli media, ahli materi, dan bahasa, peserta didik kelas VA serta guru sebagai pengguna media. Hasil analisis data dari ahli media serta hali materi dan bahasa memperoleh kriteria sangat valid untuk digunakan dalam pembelajaran. Efektivitas dari LKPD berbantuan android memperoleh hasil dalam kriteria sedang untuk meningkat pemahaman siswa pada materi siklus air. Hasil penelitian bahwa LKPD berbantun android (aplikasi Sikair) dapat dikatakan valid serta layak untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran sehingga mampu meningkatkan kemampuan pemahaman siswa pada materi siklus air, serta mendapatkan respon baik dari peserta didik dan guru dengan tingkat kepraktisan memperoleh hasil sangat baik. Kajian pengembangan LKPD mendukung kebijakan pembelajaran digital, penguatan kurikulum IPAS, dan literasi abad 21 dalam pendidikan dasar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Sikair; Kemampuan Pemahaman; LKPD; Pembelajaran melalui Android
Subjects: Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Winanti Primastuti
Date Deposited: 26 Aug 2025 08:22
Last Modified: 27 Aug 2025 06:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116161

Actions (login required)

View Item View Item