Primastuti, Winanti (2025) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan bantuan android melalui pembelajaran master untuk meningkatkan kemampuan pemahaman IPAS siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text (SK (BEBAS PLAGIARISME))
3_keteranganbebasplagiarisme.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar isi.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_Bab I.pdf Download (253kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (599kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Pengembangan media dalam pembelajaran IPA sangat penting, dapat membantu siswa dalam memahami materi yang abstrak salah satunya dengan memanfaatkan android. Namun realitanya, masih banyak sebagian pendidik dan peserta didik yang belum memanfaatkan android dengan maksimal dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan Lembar Kerja Peserta Dididk (LKPD) interaktif dengan bantuan android (aplikasi Sikair) dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa pada materi siklus air di kelas V Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu research and development, menggunakan model Analysis, Design, Development, Implentation, Evaluation (ADDIE). Instrument yang digunakan tes kemampuan IPAS, angket, wawancara, dokumentasi. Adapun sumber data yang diperoleh berasal dari validasi ahli media, ahli materi, dan bahasa, peserta didik kelas VA serta guru sebagai pengguna media. Hasil analisis data dari ahli media serta hali materi dan bahasa memperoleh kriteria sangat valid untuk digunakan dalam pembelajaran. Efektivitas dari LKPD berbantuan android memperoleh hasil dalam kriteria sedang untuk meningkat pemahaman siswa pada materi siklus air. Hasil penelitian bahwa LKPD berbantun android (aplikasi Sikair) dapat dikatakan valid serta layak untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran sehingga mampu meningkatkan kemampuan pemahaman siswa pada materi siklus air, serta mendapatkan respon baik dari peserta didik dan guru dengan tingkat kepraktisan memperoleh hasil sangat baik. Kajian pengembangan LKPD mendukung kebijakan pembelajaran digital, penguatan kurikulum IPAS, dan literasi abad 21 dalam pendidikan dasar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Sikair; Kemampuan Pemahaman; LKPD; Pembelajaran melalui Android |
Subjects: | Elementary Education > Elementary Education in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Winanti Primastuti |
Date Deposited: | 26 Aug 2025 08:22 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 06:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116161 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |