Perilaku Masyarakat Desa Terhadap Kegiatan Posyandu:Studi Deskriptif di Desa Citalang Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Purwakarta

Rahmawati, Aan (2018) Perilaku Masyarakat Desa Terhadap Kegiatan Posyandu:Studi Deskriptif di Desa Citalang Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Purwakarta. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpusaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya masyarakat desa dalam berkunjung ke posyandu, tepatnya di Desa Citalang Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Purwakarta. Pada masyarakat desa Citalang ini masih sedikit masyarakat yang mengikuti kegiatan posyandu. masih rendahnya minat masyarakat dalam mengikuti kegiatan posyandu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiaman perilaku masyarakat dalam mengikuti kegiatan posyandu di Desa Citalang, untk mengetahui apa saja faktor penghambat dan pendorong bagi masyarakat dalam mengikuti kegitan posyandu di Desa Citalang, dan yang terakhir yaitu untuk mengetahui upaya apa yang dibutuhkan dan dilakukan dalam meningkatkan kegiatan posyandu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Tindakan Sosial dari Max Weber. Dalam teroinya Weber menyebutkan bahwa tindakan sosial adalah suatu tindakan individu sepanjang tindakan itu memepunyai makna atau arti subjektif bagi dirinya dan diarahkan kepada tindakan orang lain. Bagi Weber tindakan tidak hanya meliputi tindakan positif tetapi juga tindkana negatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, penelitian ini yaitu untuk menggambarkan bagaimana perilaku masyarakat dalam mengikuti kegiatan posyandu dengan melakukan penelitian secara langsung. Sumber data yang dibutuhkan yaitu sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data kualitatif, dengan cara merangkum dan memfokuskan apa yang hendak diteliti, menguraikan dan menganalisis dan setelah itu dapat disimpulkan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perilaku masyarakat desa dalam mengikuti kegiatan posyandu di Desa Citalang bisa dikatakan masih kurang baik, hal ini terlihat dari minat masyarakat yang masih rendah dalam mengikuti kegiatan posyandu. ada beberapa faktor pendorong dan penghambat bagi masyarakat dalam mengikuti kegiatan posyandu. walaupun demikian, kondisi pada saat ini mulai mengalami peningkatan pengunjung dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya. Analisis data dalam penelitian kualitatif dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan,selama di lapangan, dan setelah selesai di lapangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perilaku; Minat; Masyarkat; Posyandu
Subjects: Factors Affecting Social Behaviour
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Aan Rahmawati
Date Deposited: 23 Jul 2018 04:47
Last Modified: 23 Jul 2018 04:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/11622

Actions (login required)

View Item View Item