Farida, Ida (2017) Evaluasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Nasional. Cetakan kedua, 2 (2). PT. Remaja Rosdakarya, Bandung. ISBN 978-602-446-032-7
|
Text
evaluasi pembelajaran.pdf - Published Version Download (51MB) | Preview |
Abstract
Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar sebagai bagian dari peningkatan kualitas pendidikan dapat dilakukan melalui sistem penilaian. Dalam proses penilaian proses dan hasil belajar siswa di Madrasah, aspek-aspek yang berkenaan dengan pemilihan jenis perangkat penilaian yang sesuai dengan sasaran atau target belajar yang diukur sangat berpengaruh terhadap kualitas kelulusan. Dalam penulisannya buku ini mengakomodasi Standar Penilaian pada Permendikbud No:23 Tahun 2016 yang merupakan perbaikan dari Kurikulum Nasional pada tahun 2013 agar sesuai dengan kebutuhan praktis di lapangan. . Materi yang disajikan dalam buku ini mencakup : prinsip-prinsip dasar penilaian, jenis-jenis penilaian, obyek penilaian hasil belajar, langkah-langkah penyusunan instrumen penilaian, pengolahan dan analisis data, pemanfaatan informasi hasil penilaian pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran serta mengkomunikasikan/ melaporkan hasil penilaian. Tujuan mempelajari evaluasi pembelajaran adalah agar mahasiswa dapat memahami makna dan kedudukan evaluasi/ penilaian dalam pembelajaran dan mengembangkan kemampuan menyusun perangkat penilaian proses dan hasil belajar siswa sesuai dengan prinsip-prinsip dan prosedur evaluasi serta mengaplikasikannya dalam pembelajaran di Madrasah. Kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai mahasiswa sebagai berikut :1)Memahami perbedaan konsep dasar penilaian, prinsip-prinsip penilaian dan menganalisis karakteristik jenis-jenis penilaian hasil belajar.2) Mengaplikasikan pemahaman mengenai sasaran penilaian proses dan hasil belajar: dimensi proses kognitif taksonomi Bloom revisi untuk menganalisis dan menyusun perangkat penilaian tertulis/tes.3) Mengaplikasikan pemahaman mengenai perangkat penilaian tertulis berbentuk tes obyektif dan uraian untuk mengukur hasil belajar siswa.4)Mengaplikasikan pemahaman mengenai keterampilan proses sains (KPS) untuk menyusun perangkat penilaian yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran.5) Menyusun perangkat penilaian kinerja, proses dan produk yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran IPA. 6)Mengaplikasikan pemahaman mengenai jenis-jenis dan prinsip portofolio dalam penyusunan rubrik penilaian portofolio.7) Mengaplikasikan pemahaman mengenai prinsip dan bentuk penilaian dimensi afektif: sikap dalam penyusunan perangkat penilaian sikap.8) Menganalisis validitas, reliabilitas perangkat penilaian dan analisis butir soal berdasarkan data empirik/hasil uji coba.9)Mengolah dan menginterpretasikan data hasil penilaian untuk penentuan ketuntasan belajar dan perbaikan kualitas pembelajaran kimia. Pada setiap kegiatan belajar disajikan kompetensi dasar dan indikator yang menjadi target pencapaian mahasiswa. Materi disajikan secara lengkap dengan disertai rangkuman, daftar istilah dan sejumlah soal-soal latihan pada setiap bab.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Adult Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Dr Ida Farida |
Date Deposited: | 04 Aug 2018 03:55 |
Last Modified: | 19 Jan 2021 16:48 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11631 |
Actions (login required)
View Item |