Alifia, Firda Hawa (2025) Pemahaman kompetensi sosial dan pengaruhnya terhadap keberhasilan program praktik latihan profesi mahasiswa: Penelitian di Jurusan Manajemen Pendidikan Islam angkatan 2021 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (431kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (356kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (375kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (747kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Firda Hawa Alifia. 1212010039. 2025. “Pemahaman Kompetensi Sosial dan Pengaruhnya Terhadap Keberhasilan Program Praktik Latihan Profesi (PLP) Mahasiswa”. Pemahaman kompetensi sosial merupakan aspek penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa, khususnya dalam menjalani program PLP sebagai bagian dari pembentukan kesiapan profesional di bidang manajemen Pendidikan. Dalam pelaksanaannya, masih ditemukan mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam menjalin hubungan profesional dengan guru pamong, tenaga kependidikan, dan peserta didik selama PLP. Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui tingkat pemahaman kompetensi sosial mahasiswa di Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Angkatan 2021 UIN Sunan Gunung Djati Bandung; 2) mengetahui keberhasilan pelaksanaan program PLP; 3) mengetahui pengaruh pemahaman kompetensi sosial terhadap keberhasilan program PLP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 62 mahasiswa yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 27 menggunakan uji validitas, reliabilitas, analisis deskriptif, uji Pemahaman kompetensi sosial merupakan aspek penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa, khususnya dalam menjalani program PLP sebagai bagian dari pembentukan kesiapan profesional di bidang manajemen Pendidikan. Dalam pelaksanaannya, masih ditemukan mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam menjalin hubungan profesional dengan guru pamong, tenaga kependidikan, dan peserta didik selama PLP. Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui tingkat pemahaman kompetensi sosial mahasiswa di Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Angkatan 2021 UIN Sunan Gunung Djati Bandung; 2) mengetahui keberhasilan pelaksanaan program PLP; 3) mengetahui pengaruh pemahaman kompetensi sosial terhadap keberhasilan program PLP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 62 mahasiswa yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 27 menggunakan uji validitas, reliabilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, serta uji hipotesis meliputi regresi linear sederhana, uji signifikansi (Uji T) dan koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa realitas variabel X (Pemahaman Kompetensi Sosial) berada dalam kategori “Cukup” dengan skor rata-rata 3,31, sedangkan variabel Y (Keberhasilan Program PLP) berada pada kategori “Cukup” dengan nilai rata-rata 3,21. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa pemahaman kompetensi sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan program PLP, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,01 < 0,05 dan nilai t hitung 6,897 > t tabel 2,000. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,442 mengindikasikan bahwa 44,2% keberhasilan PLP dipengaruhi oleh pemahaman kompetensi sosial. Implikasi dari temuan ini menunjukkan bahwa semakin baik pemahaman kompetensi sosial mahasiswa, maka semakin tinggi pula tingkat keberhasilan pelaksanaan program PLP. asumsi klasik, serta uji hipotesis meliputi regresi linear sederhana, uji signifikansi (Uji T) dan koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa realitas variabel X (Pemahaman Kompetensi Sosial) berada dalam kategori “Cukup” dengan skor rata-rata 3,31, sedangkan variabel Y (Keberhasilan Program PLP) berada pada kategori “Cukup” dengan nilai rata-rata 3,21. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa pemahaman kompetensi sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan program PLP, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,01 < 0,05 dan nilai t hitung 6,897 > t tabel 2,000. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,442 mengindikasikan bahwa 44,2% keberhasilan PLP dipengaruhi oleh pemahaman kompetensi sosial. Implikasi dari temuan ini menunjukkan bahwa semakin baik pemahaman kompetensi sosial mahasiswa, maka semakin tinggi pula tingkat keberhasilan pelaksanaan program PLP.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman; Kompetensi Sosial; Keberhasilan Program; Praktik Latihan Profesi |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities General Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Firda Hawa Alifia |
Date Deposited: | 29 Aug 2025 01:10 |
Last Modified: | 29 Aug 2025 01:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116327 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |