Pelaksanaan akad murabahah bil wakalah pada produk pembiayaan kredit usaha rakyat (KUR) mikro ib di Bank BRI syariah KCP Majalaya

Maulidina Lestari, Windi (2018) Pelaksanaan akad murabahah bil wakalah pada produk pembiayaan kredit usaha rakyat (KUR) mikro ib di Bank BRI syariah KCP Majalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (442kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy

Abstract

KUR merupakan program dari pemerintah yang diluncurkan untuk membantu Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi (UMKM-K) agar semakin berkembang dengan melibatkan beberapa bank sebagai lembaga penyalurnya. Pada Bank BRI Syariah KUR merupakan produk baru yang dirilis pada tahun 2017 yang merupakan produk pembiayaan modal kerja dan/atau investasi yang diperuntukkan bagi UMKM yang mempunyai keterbatasan dalam pemenuhan persyaratan yang ditetapkan perbankan (belum bankable). Pada produk ini, Bank BRI Syariah menggunakan akad murabahah bil wakalah, dimana akad murabahah dilakukan sebelum adanya pembelian barang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pelaksanaan akad murabahah pada produk pembiayaan Kredit Usaha Rakyat dan tinjauan fatwa DSN MUI mengenai pelaksanaan akad murabahah tersebut. Murabahah merupakan suatu penjualan barang seharga barang tersebut ditambah keuntungan yang disepakati. Sedangkan wakalah adalah pemberian kuasa kepada pihak lain untuk mengerjakan sesuatu. Akad wakalah dalam pembiayaan murabahah telah ditetapkan dalam fatwa DSN MUI Nomor 04/DSN-MUI/IV/2000 tentang murabahah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode desktiptif, yaitu metode yang menggambarkan pelaksanaan akad murabahah bil wakalah pada produk pembiayaan KUR di bank BRI Syariah KCP Majalaya. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, yaitu data tentang akad murabahah bil wakalah pada produk pembiayaan KUR di bank BRI Syariah KCP Majalaya. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder, yaitu literatur yang berhubungan dengan masalah penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur pelaksanaan akad murabahah bil wakalah pada pembiayaan kredit usaha rakyat ini dilakukan melalui beberapa tahap yaitu diawali dengan seleksi awal, pemeriksaan dokumen, hingga dilakukan putusan pembiayaan, lalu dilakukan akad, setelah itu proses pencairan dana. Sementara itu, pelaksanaan akad murabahah pada pembiyaan KUR Mikro iB ini belum sepenuhnya sesuai dengan Fatwa DSN MUI Nomor 04/DSN-MUI/IV/2000 tentang murabahah karena terdapat perbedaan antara pelaksanaan dengan fatwa pada ketetapan pertama point 9, yaitu jika bank hendak mewakilkan kepada nasabah untuk membeli barang dari pihak ketiga, akad jual beli murabahah harus dilakukan setelah barang, secara prinsip menjadi milik bank.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Murabahah;wakalah;kredit usaha rakyat
Subjects: Econmics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Windi Maulidina Lestari Hidayat
Date Deposited: 25 Jul 2018 02:21
Last Modified: 25 Jul 2018 02:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11638

Actions (login required)

View Item View Item