Amanda, Yossi (2025) Penerapan model pembelajaran Project, Activity, Cooperative, Exercise (PACE) dalam meningkatkan kemampuan pemahaman dan self efficacy matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
3_ skbebasplagiarism.pdf Download (361kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (323kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan pemahaman matematis peserta didik masih perlu ditingkatkan serta self efficacy dapat mendukung pembelajaran matematika khususnya pada kemampuan pemahaman matematis. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses pembelajaran menggunakan model PACE, peningkatan kemampuan pemahaman matematis peserta didik kelas PACE lebih baik dari konvensional, dan self efficacy matematis peserta didik setelah mengikuti pembelajaran PACE. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group desain. Populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VIII salah satu SMPN di Bandung 2024/2025 terdiri dari sepuluh kelas dengan sampel sebanyak 2 kelas yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen tes pemahaman matematis dengan validasi tinggi dan reliabilitas sedang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t dan analisis deskriptif pada proses pembelajaran serta self efficacy. Hasil penelitian: (1) proses pembelajaran model PACE menunjukkan keterlaksanaan aktivitas terpenuhi sangat baik, (2) peningkatan kemampuan pemahaman matematis peserta didik kelas PACE lebih baik dari konvensional, dan (3) self efficacy matematis peserta didik setelah mengikuti pembelajaran PACE menunjukkan tingkat self efficacy dengan kriteria cukup tinggi. Berdasarkan temuan penelitian, untuk menerapkan model pembelajaran PACE dapat memastikan terlebih dahulu peserta didik menguasai materi prasayarat. Adapun diharapkan lebih menumbuhkan keyakinan diri peserta didik dalam menyelsaikan tugas individu.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PACE; pemahaman matematis; self efficacy matematis |
Subjects: | Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Yossi Amanda |
Date Deposited: | 28 Aug 2025 02:17 |
Last Modified: | 28 Aug 2025 02:17 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116402 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |