Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan media Powerpoint untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian pada siswa kelas IV SDN Balong Kabupaten Bandung

Fadillah, Mohamad Arief (2025) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan media Powerpoint untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian pada siswa kelas IV SDN Balong Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_Cover.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_Abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3_SK Bebas Plagiarism.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftarisi)
4_Daftar Isi.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
5_Bab1.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text (bab II)
6_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (bab III)
7_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (bab IV)
8_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text (bab V)
9_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text (daftarpustaka)
10_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (lampiran)
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI di SDN Balong akibat dominasi metode konvensional yang minim media pendukung, sehingga siswa pasif dan kurang antusias. Solusi yang ditawarkan adalah penerapan model kooperatif tipe Jigsaw dengan media PowerPoint untuk menciptakan pembelajaran yang aktif, kolaboratif, dan menarik guna meningkatkan motivasi belajar siswa.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui motivasi belajar siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan media PowerPoint dalam pembelajaran PAI di kelas IV SDN Balong; (2) Mengetahui motivasi belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan media PowerPoint dalam pembelajaran PAI di kelas IV SDN Balong; (3) Menganalisis peningkatan motivasi belajar siswa setelah penerapan model tersebut. Kerangka berpikir penelitian ini merujuk pada teori konstruktivisme dan Self-Determination Theory (SDT) yang menekankan pengalaman langsung, interaksi sosial, serta pemenuhan kebutuhan dasar siswa untuk meningkatkan motivasi belajar. Rendahnya motivasi siswa pada pembelajaran PAI di SDN Balong diatasi melalui penerapan model kooperatif tipe Jigsaw dengan media PowerPoint yang diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan, tanggung jawab, dan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dengan bentuk nonequivalent control grup desain. Sampel penelitian 35 siswa. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, angket/kuisioner, dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis data menggunakan uji validitas dan realibilitas, uji statistic deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan Uji T. Semua pengujian dalam penelitian ini di uji melalui aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Jigsaw dengan media PowerPoint memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Rata-rata skor motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen meningkat dari 3,21 (kategori sedang) menjadi 4,38 (kategori sangat tinggi), sedangkan kelas kontrol hanya meningkat dari 2,45 menjadi 2,47 (keduanya dalam kategori rendah). Uji-t yang dilakukan terhadap data post-test, diperoleh nilai t_hitung = 6,176 dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05, yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam hal motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model kooperatif Tipe jigsaw; Media powerpoint; Motivasi Belajar
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Cooperative
Education > Psychology of Education
Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohamad Arief Fadillah
Date Deposited: 29 Aug 2025 06:56
Last Modified: 29 Aug 2025 06:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116473

Actions (login required)

View Item View Item