Zahra, Nabila Nurul (2025) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir sistem mahasiswa pada materi sel volta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (389kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (850kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya kemampuan mahasiswa dalam menghubungkan konsep-konsep kimia secara sistemik, terutama pada materi elektrokimia seperti sel volta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas dan kemampuan mengerjakan lembar kerja selama penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dan untuk menganalisis peningkatan kemampuan berpikir sistem mahasiswa pada materi sel volta. Model PBM dipilih karena karakteristiknya yang menekankan pada pemecahan masalah kontekstual dan pembelajaran kolaboratif, yang dinilai efektif dalam mengembangkan keterampilan berpikir sistem. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental tipe one group pretest-posttest. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi aktivitas mahasiswa, lembar kerja mahasiswa, dan tes kemampuan berpikir sistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mahasiswa selama pembelajaran tergolong sangat baik, dengan persentase keterlaksanaan sebesar 94% dan kemampuan menyelesaikan lembar kerja mahasiswa juga tergolong sangat baik dengan rata-rata nilai 92,12. Kemampuan berpikir sistem mahasiswa mengalami peningkatan signifikan setelah diterapkan PBM, dengan rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,617 dalam kategori sedang. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan PBM pada pembelajaran kimia, khususnya materi sel volta, dapat meningkatkan kemampuan berpikir sistem mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir sistem; pembelajaran berbasis masalah; pembelajaran kimia; sel volta |
Subjects: | Chemistry and Allied Science Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry Education and Research of Literatures |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | nabila nurul zahra |
Date Deposited: | 28 Aug 2025 05:27 |
Last Modified: | 28 Aug 2025 05:27 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116505 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |