Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir sistem mahasiswa pada materi sel volta

Zahra, Nabila Nurul (2025) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir sistem mahasiswa pada materi sel volta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (389kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya kemampuan mahasiswa dalam menghubungkan konsep-konsep kimia secara sistemik, terutama pada materi elektrokimia seperti sel volta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas dan kemampuan mengerjakan lembar kerja selama penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dan untuk menganalisis peningkatan kemampuan berpikir sistem mahasiswa pada materi sel volta. Model PBM dipilih karena karakteristiknya yang menekankan pada pemecahan masalah kontekstual dan pembelajaran kolaboratif, yang dinilai efektif dalam mengembangkan keterampilan berpikir sistem. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental tipe one group pretest-posttest. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi aktivitas mahasiswa, lembar kerja mahasiswa, dan tes kemampuan berpikir sistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mahasiswa selama pembelajaran tergolong sangat baik, dengan persentase keterlaksanaan sebesar 94% dan kemampuan menyelesaikan lembar kerja mahasiswa juga tergolong sangat baik dengan rata-rata nilai 92,12. Kemampuan berpikir sistem mahasiswa mengalami peningkatan signifikan setelah diterapkan PBM, dengan rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,617 dalam kategori sedang. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan PBM pada pembelajaran kimia, khususnya materi sel volta, dapat meningkatkan kemampuan berpikir sistem mahasiswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Berpikir sistem; pembelajaran berbasis masalah; pembelajaran kimia; sel volta
Subjects: Chemistry and Allied Science
Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry
Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: nabila nurul zahra
Date Deposited: 28 Aug 2025 05:27
Last Modified: 28 Aug 2025 05:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116505

Actions (login required)

View Item View Item