Anugrah, Nurul (2025) Penerapan metode Modeling the Way pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur'an siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover (2).pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text
3_pernyataankaryasendiri (1).pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (207kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (730kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (81kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran (5).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mengkaji lemahnya kemampuan membaca dan menulis Al-Qur'an pada siswa kelas X di SMAN 24 Kota Bandung, yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang monoton. Untuk itu, studi ini bertujuan menguji efektivitas pendekatan Modeling the Way (MTW) menggunakan desain kuasi eksperimen. Hasilnya, penerapan MTW terbukti signifikan meningkatkan kemampuan siswa. Oleh karena itu, pendekatan ini direkomendasikan sebagai alternatif inovatif untuk pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini berawal dari rendahnya kemampuan membaca dan menulis Al-Qur'an, baik dalam membaca maupun menulis, pada siswa kelas X di SMAN 24 Kota Bandung. Permasalahan mendasar ini diidentifikasi sebagai konsekuensi dari penggunaan metode pembelajaran yang cenderung kurang menarik dan monoton. Sebagai respons, penelitian ini secara spesifik bertujuan untuk implementasi apakah metode Modeling the Way (MTW) sebagai solusi strategis untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur'an siswa atau tidak. Metode Modeling the Way didasarkan pada asumsi bahwa pembelajaran melalui keteladanan dapat memperkuat penguasaan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an secara signifikan. Dalam implementasinya, guru berperan sebagai model yang ditiru oleh siswa melalui kegiatan praktik langsung. Pendekatan ini tidak hanya memfasilitasi siswa dalam proses penguasaan materi, tetapi juga memberdayakan guru untuk memetakan kemajuan dan tingkat partisipasi siswa secara efektif selama proses pembelajaran berlangsung. Studi ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen bertipe pretest posttest control group. Sebanyak 47 siswa kelas X SMAN 24 Kota Bandung dijadikan sebagai sampel. Proses pengumpulan data dilakukan melalui serangkaian teknik yang terstruktur, yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan pendekatan statistik untuk mengukur secara objektif dampak dan efektivitas penerapan metode yang diintervensi. Hasil penelitian menunjukkan dua temuan utama. Pertama, penerapan metode MTW dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan serta kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa, khususnya pada keterampilan membaca dan menulis. Kedua, meskipun kemampuan literasi awal siswa tergolong rendah, intervensi dengan pendekatan MTW berhasil menghasilkan peningkatan yang signifikan, sebagaimana dikonfirmasi melalui analisis statistik. Temuan ini menegaskan bahwa MTW adalah strategi pembelajaran yang adaptif dan inovatif, sangat relevan untuk diaplikasikan dalam konteks pembelajaran PAI dan Budi Pekerti.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modeling the Way; PAI dan Budi Pekerti; Membaca Al-Qur’an; Menulis Al-Qur’an; Kuasi Eksperimen |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu-ilmu Al-Qur'an Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu Qiraat dan Tajwid Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nurul Anugrah |
Date Deposited: | 28 Aug 2025 08:41 |
Last Modified: | 29 Aug 2025 08:36 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116591 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |