Penerapan metode Modeling the Way pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur'an siswa

Anugrah, Nurul (2025) Penerapan metode Modeling the Way pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur'an siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover (2).pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_pernyataankaryasendiri (1).pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran (5).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji lemahnya kemampuan membaca dan menulis Al-Qur'an pada siswa kelas X di SMAN 24 Kota Bandung, yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang monoton. Untuk itu, studi ini bertujuan menguji efektivitas pendekatan Modeling the Way (MTW) menggunakan desain kuasi eksperimen. Hasilnya, penerapan MTW terbukti signifikan meningkatkan kemampuan siswa. Oleh karena itu, pendekatan ini direkomendasikan sebagai alternatif inovatif untuk pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini berawal dari rendahnya kemampuan membaca dan menulis Al-Qur'an, baik dalam membaca maupun menulis, pada siswa kelas X di SMAN 24 Kota Bandung. Permasalahan mendasar ini diidentifikasi sebagai konsekuensi dari penggunaan metode pembelajaran yang cenderung kurang menarik dan monoton. Sebagai respons, penelitian ini secara spesifik bertujuan untuk implementasi apakah metode Modeling the Way (MTW) sebagai solusi strategis untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur'an siswa atau tidak. Metode Modeling the Way didasarkan pada asumsi bahwa pembelajaran melalui keteladanan dapat memperkuat penguasaan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an secara signifikan. Dalam implementasinya, guru berperan sebagai model yang ditiru oleh siswa melalui kegiatan praktik langsung. Pendekatan ini tidak hanya memfasilitasi siswa dalam proses penguasaan materi, tetapi juga memberdayakan guru untuk memetakan kemajuan dan tingkat partisipasi siswa secara efektif selama proses pembelajaran berlangsung. Studi ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen bertipe pretest posttest control group. Sebanyak 47 siswa kelas X SMAN 24 Kota Bandung dijadikan sebagai sampel. Proses pengumpulan data dilakukan melalui serangkaian teknik yang terstruktur, yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan pendekatan statistik untuk mengukur secara objektif dampak dan efektivitas penerapan metode yang diintervensi. Hasil penelitian menunjukkan dua temuan utama. Pertama, penerapan metode MTW dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan serta kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa, khususnya pada keterampilan membaca dan menulis. Kedua, meskipun kemampuan literasi awal siswa tergolong rendah, intervensi dengan pendekatan MTW berhasil menghasilkan peningkatan yang signifikan, sebagaimana dikonfirmasi melalui analisis statistik. Temuan ini menegaskan bahwa MTW adalah strategi pembelajaran yang adaptif dan inovatif, sangat relevan untuk diaplikasikan dalam konteks pembelajaran PAI dan Budi Pekerti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Modeling the Way; PAI dan Budi Pekerti; Membaca Al-Qur’an; Menulis Al-Qur’an; Kuasi Eksperimen
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu-ilmu Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu Qiraat dan Tajwid
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul Anugrah
Date Deposited: 28 Aug 2025 08:41
Last Modified: 29 Aug 2025 08:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116591

Actions (login required)

View Item View Item