Penerapan metode pembelajaran FAR (Focus, Action, Reflection) pada materi sel volta untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa

Sungkar, Mark (2025) Penerapan metode pembelajaran FAR (Focus, Action, Reflection) pada materi sel volta untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_lembarpernyataan (1).pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (578kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan metode pembelajaran FAR dan menganalisis peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa melalui penerapan metode pembelajaran FAR pada materi sel Volta. Metode yang digunakan adalah pre-experiment dengan desain one-group pretest posttest. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar kerja siswa, lembar observasi, dan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi. Berdasarkan hasil lembar kerja siswa dan lembar observasi, proses penerapan metode pembelajaran FAR terinterpretasi sangat baik. Sedangkan nilai N-Gain secara keseluruhan sebesar 0,63 dengan kategori sedang. Pada kelompok prestasi tinggi N-Gain yang diperoleh sebesar 0,66; kelompok prestasi sedang 0,60; kelompok prestasi rendah 0,63, ketiga kelompok prestasi tersebut termasuk ke dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian ini didapat kesimpulan bahwa penerapan metode pembelajaran FAR pada materi sel Volta dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Focus; Action; Reflection; FAR; Sel Volta; Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Mark Sungkar
Date Deposited: 29 Aug 2025 03:15
Last Modified: 29 Aug 2025 03:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116621

Actions (login required)

View Item View Item