Sungkar, Mark (2025) Penerapan metode pembelajaran FAR (Focus, Action, Reflection) pada materi sel volta untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
3_lembarpernyataan (1).pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (578kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (795kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (661kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (568kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan metode pembelajaran FAR dan menganalisis peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa melalui penerapan metode pembelajaran FAR pada materi sel Volta. Metode yang digunakan adalah pre-experiment dengan desain one-group pretest posttest. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar kerja siswa, lembar observasi, dan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi. Berdasarkan hasil lembar kerja siswa dan lembar observasi, proses penerapan metode pembelajaran FAR terinterpretasi sangat baik. Sedangkan nilai N-Gain secara keseluruhan sebesar 0,63 dengan kategori sedang. Pada kelompok prestasi tinggi N-Gain yang diperoleh sebesar 0,66; kelompok prestasi sedang 0,60; kelompok prestasi rendah 0,63, ketiga kelompok prestasi tersebut termasuk ke dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian ini didapat kesimpulan bahwa penerapan metode pembelajaran FAR pada materi sel Volta dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran; Focus; Action; Reflection; FAR; Sel Volta; Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mark Sungkar |
Date Deposited: | 29 Aug 2025 03:15 |
Last Modified: | 29 Aug 2025 03:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116621 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |