Bimbingan agama Islam anak panti asuhan melalui pembiasaan menulis buku

Kumalasari, Mia (2018) Bimbingan agama Islam anak panti asuhan melalui pembiasaan menulis buku. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_BAB 1.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 2)
5_BAB 2.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 3)
6_BAB 3.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 4)
7_BAB 4.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

Bimbingan Agama Islam dalam pembiasaan menulis sangatlah penting, terutama anak yang suka menulis di Panti Asuhan Al Kasyaf. Mereka membutuhkan bimbingan Agama Islam supaya dalam menulis bisa menyampaikan pesan-pesan dakwah dalam tulisannya. Di Panti Asuhan Al Kasyaf memiliki program bimbingan agama melalui menulis untuk meningkatkan rasa keimanan dan menyampaikan dakwah-dakwah Islami dengan cara menulis. Penelitian ini bertujuan: Pertama untuk mengetahui program bimbingan Agama Islam melalui pembiasaan menulis di Panti Asuhan Al Kasyaf. Kedua untuk mengetahui proses bimbingan Agama Islam melalui pembiasaan menulis di Panti Asuhan Al Kasyaf. Ketiga untuk mengetahui hasil bimbingan Agama Islam melalui pembiasaan menulis di Panti Asuhan Al Kasyaf. Penelitian ini berdasarkan pada unsur-nsur bimbingan. Unsur-nsur bimbingan; pembimbing, pesan, metode, media, objek, dan tujan. Pembiasaan menulis ada merupakan bagian dari media bimbingan Agama Islam yang dapat digunakan dalam proses bimbingan Agama Islam dan hasil bimbingan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara langsung dengan terbimbing, pengurus dan pemimpin. Analisis data lebih difokuskan pada analisis data secara kualitatif. Penelitian ini meghasilkan; Pertama program bimbingan Agama Islam yaitu menulis tidak hanya untuk mengikat ilmu tetapi menulis menjadi cara mereka untuk menenangkan hati dan pikiran juga meraih amal jariah. Kedua proses bimbingan Agama Islam adalah untuk memahami betul semua ilmu agama yang dipelajari dari beberapa aspek kehidupan harapan. Ketiga proses bimbingan Agama Islam merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan ketaatan keberagamaan. Bimbingan Agama Islam dalam pembiasaan menulis di Panti Asuhan Al Kasyaf berjalan lancar dan dikatakan berhasil. Terbukti dengan mereka yang sering membuat buku setiap sebulan sekali dan hasil karya tersebut dapat meningkatkan ketaatan keberagamaan bagi penulis. Bimbingan Agama Islam melalui pembiasaan menulis menunggunakan metode bimbingan Agama menulis melalui beberapa tahapan yaitu 1) Tahap persiapan, 2) Tahap Awal, 3) Tahap Kedua, 4) Tahap Menangkap Ide 5) Tahap Menangkap Ide dalam Tulisan, 6) Tahap Mengakhiri Tulisan, serta 7) Tahap Memperbaiki Tulisan, 8) Tahap Menerbitkan Tulisan, 9) Tahap Mengembangkan Tulisan. Dapat disimpulkan hasil bimbingan Agama Islam melalui pembiasaan menulis menulis merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan ketaatan keberagamaan, karena melewati beberapa tahap sebagai terbimbing, bisa dengan baik mengaplikasikan segala hal yang mereka tulis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Agama Islam; anak panti asuhan; pembiasaan menulis.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Mia Kumalasari Kuswara
Date Deposited: 23 Jul 2018 06:37
Last Modified: 23 Jul 2018 06:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/11663

Actions (login required)

View Item View Item