Penerapan metode total physical response untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab di madrasah ibtidaiyah

Qolbi, Siffa Lutfatul (2025) Penerapan metode total physical response untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab di madrasah ibtidaiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN)
3_suratpernyataan.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (554kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya siswa Madrasah Ibtidaiyah dalam keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa arab, dan metode yang digunakan dalam pembelajaran tidak bervariasi. Maka pada penelitian ini peneliti menggunakan metode Total Physical Response dalam pembelajaran sehingga siswa menjadi lebih aktif dan belajar dengan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa arab siswa dengan menerapkan metode Total Physical Response dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknis tes dan non-tes, teknk tes meliputi tes unjuk kerja yang dilakukan dengan tes lisan dan teknik non-tes meliputi observasi dan dokumentasi, dengan analisis data berupa nilai rata-rata, ketuntasan individu, ketuntasan klasikal, serta aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan dalam keterampilan berbicara bahasa arab siswa di setiap siklusnya. Pada tahapan pra siklus, nilai rata-rata siswa hanya mencapai 54,09 dengan ketuntasan klasikal 31,82% karena masih banyak siswa yang masih terbata-bata dan kurang lancar dalam berbicaranya. Setelah dilakukannya tindakan pada setiap siklus, nilai rata-rata meningkat menjadi 66,14 dengan ketuntasan klasikal 54,54% pada siklus I, dan mencapai nilai rata-rata 72,05 dengan ketuntasan 81,82% pada siklus II. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode TPR membuat siswa lebih percaya diri, berani mengungkapkan pendapat, dan mampu menirukan kosakata serta pola kalimat dengan pengucapan yang lebih jelas. Siswa juga menjadi lebih antusias mengikuti pembelajaran karena adanya perpaduan antara aktivitas fisik dan bahasa, sehingga suasana kelas lebih hidup dan interaktif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan berbicara bahasa arab siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab dkelas V MIS Borosole dapat ditingkatkan dengan menerapkan metode total physical response dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Total Physical Response; Keterampilan Berbicara; Bahsa Arab; Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: Arabic
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siffa Lutfatul Qolbi
Date Deposited: 29 Aug 2025 01:51
Last Modified: 29 Aug 2025 01:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116651

Actions (login required)

View Item View Item