Allarqi, Isna Putri (2017) Penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI : Penelitian Tindakan kelas terhadap siswa kelas XI A SMK Baitul Aziz Kab Bandung. Diploma thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (151kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarfustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di kelas XI A SMK Baitul Aziz Kab. Bandung bahwa dalam pembelajaran PAI permasalahan yang peneliti temukan adalah hasil belajar siswa yang tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal KKM yang di tetapkan sekolah yaitu 70. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana keterlaksanaan penggunaan model Carousel Feedback dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMK Baitul Aziz Kab. Bandung. Model Pembelajaran Carousel Feedback adalah strategi yang menyediakan kesempatan bagi siswa bekerja dalam kelompok untuk mendiskusikan dan memahami tentang isu-isu kunci, masalah, dan konsep dengan mengingat fakta, keyakinan, informasi, dan/atau kesepakatan kunci. Selama proses ini, siswa bekerja sama untuk menghasilkan tanggapan terhadap pertanyaan yang diajukan oleh guru dan merenungkan tanggapan yang dihasilkan oleh sesama siswa. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dan setelah pengumpulan data. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif adalah tentang hasil belajar siswa. Dalam penelitian tindakan kelas ini di ambil dari proses pembelajaran yaitu penerapan pembelajaran Cooperative model Carousel Feedback, hasil dari observasi/pengamatan untuk siswa, guru, dan catatan lapangan. Hasil akhirnya adalah perbandingan dari tes setiap siklus yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian ditemukan bahwa sebelum menggunakan model pembelajaran (Pra Siklus) banyak siswa yang tidak memperhatikan sehingga hasil belajar siswa rendah, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa yaitu hanya 60 dan prosentase ketuntasannya hanya 35%. Setelah menggunakan model pembelajaran Coopetaive model Carousel Feedback siswa merasa senang. Hal ini ditunjukkan dengan aktivitas dan sikap antusias mereka ketika mengerjakan soal-soal materi Q.S Al-Baqarah:148 dan Al-Fatir tentang berkompetisi dalam kebaikan. Hasil belajar siswa yang di ukur melalui tes individu setiap siklus telah menunjukkan bahwa siswa telah memahami materi dengan baik. Pemahaman siswa terhadap materi materi Q.S Al-Baqarah:148 dan Al-Fatir: 32 tentang berkompetisi dalam kebaikan juga dapat dilihat dari pekembangan ketuntasan hasil belajar siswa setiap siklusnya mengalami kemajuan. Perolehan kenaikan ketuntasan hasil belajar pada siklus 1 adalah 70% dan naik 90% pada perolehan ketuntasan hasil belajar pada tes siklus 2.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Carousel Feedback |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Isna Putri |
Date Deposited: | 26 Jul 2018 06:28 |
Last Modified: | 26 Jul 2018 06:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11666 |
Actions (login required)
View Item |