Pembelajaran berbasis proyek terintegrasi e-Stream (Environmental, Science, Technology, Religion, Engineering, Arts, Mathematics) dalam pembuatan bioplastik untuk meningkatkan literasi sains dan kreativitas siswa

Kurnia, Fitri Hayati (2025) Pembelajaran berbasis proyek terintegrasi e-Stream (Environmental, Science, Technology, Religion, Engineering, Arts, Mathematics) dalam pembuatan bioplastik untuk meningkatkan literasi sains dan kreativitas siswa. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skplagiarisme.pdf

Download (714kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text
11_Lampiran (6).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya literasi sains siswa menjadi tantangan dalam pembelajaran di sekolah, terutama karena pendekatan yang masih teoritis dan kurang terhubung dengan kehidupan nyata, membuat siswa kesulitan memahami konsep ilmiah dan kurang peduli terhadap masalah lingkungan. Sampah plastik menjadi masalah nyata di sekitar siswa, Kota Bandung membuat program zero waste untuk mengurangi sampah dari sumbernya. Penelitian ini bertujuan mengembangkan pembelajaran berbasis proyek terintegrasi E-STREAM melalui pembuatan bioplastik dari kulit pisang untuk meningkatkan literasi sains. Penelitian dilakukan pada satu kelas X SMA menggunakan model Pengembangan 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Literasi sains diukur melalui enam kompetensi berdasarkan kerangka PISA 2025. Hasil menunjukkan peningkatan literasi sains dengan rata-rata N-Gain 0,71 (kategori tinggi). Peningkatan tertinggi pada kompetensi menjelaskan dampak interaksi manusia dengan sistem Bumi (N-Gain 0,80), mengintegrasi unsur Environmental dan Religion, yaitu melalui pemahaman tanggung jawab manusia terhadap kelestarian alam. Kompetensi menjelaskan fenomena ilmiah (N-Gain 0,77) berkembang melalui pengamatan langsung terhadap proses biodegradasi, mengintegrasikan unsur Science, Technology, dan Mathematics. Kompetensi pengambilan keputusan ilmiah (N-Gain 0,71) menampilkan keterlibatan Engineering dan nilai moral dalam mempertimbangkan solusi lingkungan. Kompetensi menghargai perspektif dalam krisis sosio-ekologis (N-Gain 0,73) mencerminkan kolaborasi dan empati, didukung oleh unsur Art dan Religion dalam kegiatan diskusi kelompok. Kompetensi tindakan keberlanjutan (N-Gain 0,60) menunjukkan pemikiran inovatif melalui pemanfaatan limbah organik, merancang dan mengevaluasi penyelidikan ilmiah (N-Gain 0,63) menunjukkan integrasi elemen Engineering dan Mathematics dalam eksperimen. Integrasi unsur E-STREAM mampu mendorong pemahaman ilmiah yang kontekstual dan bermakna. Pendekatan ini menjadi alternatif pembelajaran abad ke-21 yang relevan, serta meningkatkan literasi sains melalui pengalaman langsung yang nyata bagi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Acharjee, S. A., Bharali, P., Gogoi, B., Sorhie, V., Walling, B., & Alemtoshi. (2023). PHA-Based Bioplastic: a Potential Alternative to Address Microplastic Pollution. In Water, Air, and Soil Pollution (Vol. 234, Issue 1). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/s11270-022-06029-2 Adjie, D. A. S., Pramadi, R. A., & Maspupah, M. (2023). Korelasi Kemampuan Literasi Sains dengan Perilaku Peduli Lingkungan Peserta Didik pada materi Ekosistem. Gunung Djati Conference Series Seminar Nasional Pendidikan Biologi Ke-4 Tahun 202, 30, 258–268. https://conferences.uinsgd.ac.id/index.php/gdcs/article/view/1864 Agustina, T. W., Rustaman, N. Y., Riandi, & Purwianingsih, W. (2020a). The stream approach (science-technology-religion-engineering-arts- mathematics) provides students ’thinking habits. Edusains, 12(2), 283–296. Agustina, T. Wahyu., Rustaman, N. Y., Riandi, & Purwaningsih, W. (2019). Membekalkan Kreativitas Mahasiswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Stream Menggunakan Konten Bioteknologi Tradisional. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 9(1). Ahmadiy. (2016). Islam Kaffah : Tinjauan Tafsir Q.S. Al-Baqarah: 208. Syariati : Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Hukum, 11(2), 187–196. Aisya Putri, F. (2022). Karakterisasi Bioplastik dari Pati Limbah Kulit Pisang Dengan Penambahan ZnO dan Gliserol. PRISMA FISIKA, 10(2), 105–109. Alawiyah, S., Zenab Subarkah, C., Saepudin Rahmatullah Pendidikan Kimia, D., & dan Keguruan, T. (2021). Lembar Kerja Berbasis Proyek pada Pembuatan Bioplastik Project Based Worksheets On Bioplastic Making. Gunung Djati Conference Series, 2. Ali, A. (2018). Kreativitas dalam Pemikiran Csikszentmihalyi. ARTCOMM, 1(1). An Nabil, N. R., Wulandari, I., Yamtinah, S., Ariani, S. R. D., & Ulfa, M. (2022). Analisis Indeks Aiken untuk Mengetahui Validitas Isi Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum Berbasis Konteks Sains Kimia. PAEDAGOGIA, 25(2), 184. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v25i2.64566 Anwari, I., Yamada, S., Unno, M., Saito, T., Rahma Suwarma, I., Mutakinati, L., & Kumano, Y. (2023). Implementation of Authentic Learning and Assessment through STEM Education Approach to Improve Students’ Metacognitive Skills. K-12 STEM Education, 1(3), 123–136. Ardi, D. M., & Budhi, H. S. (2025). Pembuatan Produk Bioplastik sebagai Proyek dalam Pembelajaran STEM-PjBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. PENDIPA Journal of Science Education, 9(2), 324–330. https://doi.org/10.33369/pendipa.9.2.324-330 Arfida, H., Gani, A., Susilawati, S., Khaldun, I., & Yusrizal, Y. (2024). Increasing High School Students’ Creativity in Local Wisdom-Based Environmental Studies Through the Project-Based Learning Model. JKPK (Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia), 9(1), 158. https://doi.org/10.20961/jkpk.v9i1.85224 Arriaga, M., Pinar, F. J., Izarra, I., Amo, J. del, Vicente, J., Fernández-Morales, F. J., & Mena, J. (2025). Valorization of Agri-Food Waste into PHA and Bioplastics: From Waste Selection to Transformation. In Applied Sciences (Switzerland) (Vol. 15, Issue 3). Multidisciplinary Digital Publishing Institute (MDPI). https://doi.org/10.3390/app15031008 Artika, W., Ratna, L., & Asma Ulhusna, F. (2023). Pendekatan E-Stem pada Pembelajaran Biologi Di Era Metaverse. Jurnal PBiotik. Vol. 11, Issue (1). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/PBiotik/index Artika, W., & Rosemary, R. (2023). Environmental STEM (E-STEM) in Building Climate-Resilient Communities in Aceh: Students’ Awareness. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(8), 6238–6246. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i8.4970 Aryana, I. G. A., Dewi, L. J. E., & Pasek Nugraha, I. N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Software Solidworks 2014 Dan Adobe Flash Cs3 Pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif (Tdo) Materi Motor Bakar. JJTM, 7(3). Aryani, S., Diniya, & Zarkasih. (2024). View of Development of STREAM-pdf. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 10(2). https://doi.org/https://dx.doi.org/10.29303/jpft.v10i2.7540 Atiaturrahmaniah, Aryana, I. B. P., & Suastra, I. W. (2022). Peran model science, technology, engineering, arts, and math (STEAM) dalam meningkatkan berpikir kritis dan literasi sains siswa sekolah dasar. Jurnal Penelitian Guru Indonesia. https://doi.org/https://doi.org/10.29210/022537jpgi0005 Aulia Azizah, W., Sarwi, & Ellianawati. (2019). Pendekatan STREAM terhadap peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES. Averill, C. L., & Herrelko, J. M. (2023). STREAMing with Butterflies: A Whole School STREAM Project. Journal of Catholic Education, 26(2), 144–159. https://doi.org/10.15365/joce.2602082023 Azmi, U., Safrijal, & Rahmi, M. (2024). Analysis of 4C Skills (Critical Thinking, Creativity and Innovation, Collaboration, and Communication) of Physics Education Students In Facing the Industrial Revolution 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(2), 695–703. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i2.5584 Badriyah, N. L., Anekawati, A., & Azizah, L. F. (2020). Application of PjBL with brain-based STEAM approach to improve learning achievement of students. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(1). https://doi.org/10.21831/jipi.v6i1.29884 Berliana, D. R., Suwarma, I. R., & Novia, H. (2024). The Effect of Project Based Learning (PjBL) - STEM in Improving Students’ Science Literacy Skills on Topic of Alternative Energy. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 10(1), 141–148. https://doi.org/10.29303/jpft.v10i1.6896 Bonaventura, N. (1993). The role of environmental education in developing environmental awareness. Science, 20(7), 987–994. Boone, W. J., Staver, J. R., & Yale, M. S. (Eds.). (2013). Rasch Analysis in the Human Sciences. Springer. BPK Perwakilan Provinsi Jawa Barat. (2023). Kunjungan Kerja Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat ke TPA Sarimukti. https://jabar.bpk.go.id/krisis-sampah-tpa-sarimukti/ Brilianti, K. F., Ridlo, A., & Sedjati, S. (2023). Sifat Mekanik dan Ketebalan Bioplastik dari Kappaphycus alvarezii Menggunakan Variasi Konsentrasi Amilum dengan Pemlastis Gliserol. Journal of Marine Research, 12(1), 95–102. https://doi.org/10.14710/jmr.v12i1.34169 Bybee, R. W. (2013a). The Case for Education: STEM Challenges and Opportunities. NSTA (National Science Teachers Assocation), 33–40. Bybee, R. W. (2013b). The Case for STEM Education: Challenges and Opportunities. National Science Teachers Association. https://books.google.co.id/books?id=gfn4AAAAQBAJ Cahyadi, D. (2023). Berpikir Lebih Kreatif dengan Menggunakan Nalar Logis: Konsep Berpikir Lateral dalam Berinovasi. Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Chanifudin, & Nuriyati, T. (2020). Integrasi Sains dan Islam dalam Pembelajaran. Asatiga Jurnal Pendidikan, 1(2), 212–229. Church, A. H. (2020). The Meaning of Scientific Management. The Contributions of Alexander Hamilton Church to Accounting and Management, 4(3), 17–21. https://doi.org/10.4324/9781003056584-3 Creswell, J. W. (2017). Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Pustaka Pelajar. Delfita, O., Murani Hutapea, N., & Murni, A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 1184–1196. Demir, S. (2022). Comparison of Normality Tests in Terms of Sample Sizes under Different Skewness and Kurtosis Coefficients. International Journal of Assessment Tools in Education, 9(2), 397–409. https://doi.org/10.21449/ijate.1101295 Dewi, I. M. P., Johannes, A. Z., Pingak, R. K., Bukit, M., Hadi, & Sutaji, I. (2021). Pembuatan Bioplastik Berbahan Dasar Pati Jagung dengan Penambahan Serat Selulosa Dari Limbah Kertas. Jurnal Fisika, 6(2), 2657–1900. Dewi, S. M., Harjono, A., & Gunawan. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kreativitas Fisika Siswa SMAN 2 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, II(3), 123–128. Diskominfo Kota Bandung. (2024). Gerakan Zero Waste di Sekolah Kota Bandung. Portal Jabar. Doppelt, Y., Mehalik, M. M., Schunn, C. D., & Krysinski, D. (2008). Engagement and achievements in design-based learning. Journal of Technology Education, 19(2), 21–38. http://www.lrdc.pitt.edu/schunn/research/papers/Doppeltetalengagements.pdf Enjelly, & Fadilah, M. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi: Literature Review. Jurnal Bioshell, 13(1), 89–98. https://doi.org/10.56013/bio.v13i1.2782 Fajarwati, L., Windayani, N., & Susilawati, W. (2025). Hubungan Literasi Sains dan Berpikir Kritis dengan Self-Awareness Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioeduin, 15(15), 1–9. Fariza, N. A., & Kusuma, I. H. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(3), 10. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i3.453 Fatmawiyati, J.-. (2018). Telaah Kreativitas. https://www.researchgate.net/publication/328217424 Ferianto, A. E., Suprapto, N., & Suryanti. (2024). Implementasi Pendekatan STEAM terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(4). Fitri, D. A. N., & Suryana, D. (2022). Pembelajaran STEAM dalam Mengembangkan Kemampuan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tembusai, 6(2). Fitria, A., Nilandita, W., & Hakim, A. (2023). Karakteristik Fisik dan Mekanik Bioplastik Berbahan Dasar Pati Limbah Kulit Pisang Raja Bulu (Musa paradisiaca L. var sapientum) dengan Variasi Jenis Plasticizer dan Kitosan. Jurnal Dampak, 20(1), 26. https://doi.org/10.25077/dampak.20.1.26-32.2023 Ghifari, F. H. Al. (2024). Green Education: Implementasi Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin di Madrasah Ibtidiyah Ma’Arif NU Ujungpangkah Gresik. Jurnal Tarbiyatuna, 5(2). Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26 (X). Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Gunaedi, T., Mawardi, A., & Rumbrawer, F. G. A. G. (2021). Optimization of the Degradation Power of Aspergillus flavus DFSP.J1 and Aspergillus niger DFSP. J4 in Degrading Sago Bioplastics. Asian Journal of Biology, 28–35. https://doi.org/10.9734/ajob/2021/v13i230182 Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586 Guo, P., Saab, N., Wu, L., & Admiraal, W. (2021). The Community of Inquiry perspective on students’ social presence, cognitive presence, and academic performance in online project-based learning. Journal of Computer Assisted Learning, 37(5), 1479–1493. https://doi.org/10.1111/jcal.12586 Hake, R. R. (2002). Lessons from The Physics Education Reform Effort. Conservation Ecology. Hamidah, N., Hidayat, T., Sriyati, S., & Hadibarata, T. (2024). Assessing Sustainability Literacy in Green School through Citizen Science Project on Biodiversity Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 10(2), 150–159. https://doi.org/10.21831/jipi.v10i2.71283 Handayani, W., & Setya, W. (2022). Preservice Physics Teachers’ Laboratory Project Design: Arduino-based Creativity. AIP Conference Proceedings, 2468. https://doi.org/10.1063/5.0102773 Hasanah, A., Hikmayani, A. S., & Nurjanah, N. (2021). Penerapan Pendekatan STEAM Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Universitas Hamzanwadi, 5(02), 275–281. https://doi.org/10.29408/jga.v5i02.3561 Hasanah, H., Faizi, N., & Wijaya, A. (2023a). Perkembangan Kreativitas Peserta Didik: Tinjauan Literatur dalam Konteks Kehidupan Abad Ke-21. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 12. Hasanah, H., Faizi, N., & Wijaya, A. (2023b). Perkembangan Kreativitas Peserta Didik:Tinjauan Literatur dalam Konteks Kehidupan Abad Ke-21. Pionir: Jurnal Pendidikan, 12(3), 143–154. Hasibuan, A., Jurnal Pendidikan dan Riset, P., Hasibuan SDN, A., Utara, R., Jl Jend Ahmad Yani, I., Rantau Utara, K., Labuhanbatu, K., & Utara, S. (2024). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek. 2(3), 424–431. Helvaci, S. C., & Helvaci, İ. (2019). An interdisciplinary environmental education approach: Determining the effects of E-STEM activity on environmental awareness. Universal Journal of Educational Research, 7(2), 337–346. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.070205 Henriksen, D. (2014). Full STEAM Ahead: Creativity in Excellent STEM Teaching Practices. STEAM, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.5642/steam.20140102.15 Heny Nirmayani, L., Putu, N., & Dewi, C. P. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Sesuai Pembelajaran Abad 21 Bermuatan Tri Kaya Parisudha. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 378–385. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/index Hidayah, U., & Sulistyowati, R. (2022). Analisis Penerapan Blended Learning melalui Web Centric Course untuk Meningkatkan Kemampuan Akademik Mata Pelajaran Administrasi Transaksi pada Siswa Kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri Palang Tuban. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9). http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id Holbrook, J., & Rannikmae, M. (2009). The meaning of scientific literacy. International Journal of Environmental and Science Education, 4(3), 275–288. https://www.researchgate.net/publication/282302747_The_meaning_of_scientific_literacy Hsu, Y.-S. (2014). Perspective of STEM. Ifda Tanjung, Y., & Febri Sudarma, T. (2023). The Effect Of Constructivism Learning On Student Learning Outcomes: A Meta Analysis Study. Indonesian Science Education Research, 5(1), 28–36. Ilma, A. Z., Wilujeng, I., Widowati, A., Nurtanto, M., & Kholifah, N. (2023). A Systematic Literature Review of STEM Education in Indonesia (2016-2021): Contribution to Improving Skills in 21st Century Learning. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 13(2), 134–146. https://doi.org/10.47750/pegegog.13.02.17 Inayah, N., Thamrin Hidayat, M., Nur, M., Sunan, U., & Surabaya, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berorientasi Pendekatan Saintifik Pada Materi Hereditas Terhadap Kreativitas Ilmiah Siswa SMA. In Jurnal Penelitian Pendidikan Sains) (Vol. 10, Issue 01). https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpps Irmawartini, I., Mulyati, S. S., & Pujiono, P. (2023). Pengelolaan Sampah dari Hulu ke Hilir di Kota Bandung. Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia, 22(2), 229–236. https://doi.org/10.14710/jkli.22.2.229-236 Izzania, R. D. S. M., Agusdianita, N., & Yusnia. (2024). Penggunaan Pendekatan STEAM dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 7. https://jurnal.uns.ac.id/shes Julkaew, T., & Buaraphan, K. (2025). The Development of STREAM Teaching Unit for Enhancing Students’ Creative and Engineering Design Process Skills in the Motion Topic. Anatolian Journal of Education, 10(1), 117–126. https://doi.org/10.29333/aje.2025.1019a Kastufi, B. E., Hermahayu, H., & Sulistyaningtyas, R. E. (2023). Keyakinan Guru Tentang Kreativitas Anak Usia Dini. Bosowa Journal of Education, 4(1), 184–189. https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3783 Kaufman, J. C. (2013). Fundamentals of Creativity. https://www.researchgate.net/publication/261797704 Kelley, T. R., & Knowles, J. G. (2016). A conceptual framework for integrated STEM education. In International Journal of STEM Education (Vol. 3, Issue 1). Springer. https://doi.org/10.1186/s40594-016-0046-z Kemendikbud. (2020). Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–129. https://dikti.kemdikbud.go.id/ Koculu, A., & Girgin, S. (2022a). The Effect of E-STEM Education on Students’ Perceptions and Engineering Design Process about Environmental Issues. World Journal of Education, 12(6), 49. https://doi.org/10.5430/wje.v12n6p49 Koculu, A., & Girgin, S. (2022b). The Effect of E-STEM Education on Students’ Perceptions and Engineering Design Process about Environmental Issues. World Journal of Education, 12(6), 49. https://doi.org/10.5430/wje.v12n6p49 Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran Literasi Sains Melalui Pemanfaatan Lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 183–191. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p183-191 Kurniawan, D. T., Santi, D. P. D., & Maryanti, S. (2020). Program Edukasi Astronomi Melalui Kegiatan Stream untuk Siswa Sekolah Dasar dalam Upaya Peningkatan Kesadaran Keamanan Pengamatan Peristiwa Gerhana Matahari. AL KHIDMAT : Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). Kurniawan, T. D., Santi, D. P. D., & Maryanti, S. (2020). Program Edukasi Astronomi Melalui Kegiatan STREAM Untuk Siswa Sekolah Dasar Dalam Upaya Peningkatan Kesadaran Keamanan Pengamatan Peristiwa Gerhana Matahari. Al Khidmat : Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1. Lasaiba, I. (2023). Menggugah Kesadaran Ekologis: Pendekatan Biologi Untuk Pendidikan Berkelanjutan. Jurnal Jendela Pengetahuan, 16(2), 143–163. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/jp/article/view/10206 Lestari, D., Friansah, D., & Egok, A. S. (2021). Pengembangan LKS Matematika Berbasis Problem Based Learning untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2231–2240. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1164 Lestari, K. E., & Yudhanegara, R. M. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama. Liao, C. (2016). From Interdisciplinary to Transdisciplinary: An Arts-Integrated Approach to STEAM Education. Art Education, 69, 44–49. https://doi.org/10.1080/00043125.2016.1224873 Luh Nyoman Gita Acyuta Dewi, I Wayan Widiana, & I Nyoman Laba Jayanta. (2024). The Project-Based Learning Assessment Guide (Project-Based Learning) is oriented towards Phenomenon-Based Learning. Journal of Education Research and Evaluation, 8(2), 362–372. https://doi.org/10.23887/jere.v8i2.74594 Mahfiroh, F., & Munadi, M. (2021). Integrasi Islam dan Sains Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XII Madrasah ‘Aliyah Kurikulum 2013. Al-Fatih: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 4(2), 180–214. http://jurnal.stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/alfatih/article/view/142/138 Malik, A., & Chusni, M. (2018). Pengantar Statistik Pendidikan. Deepublish. Margot, K. C., & Kettler, T. (2019). Teachers’ perception of STEM integration and education: a systematic literature review. In International Journal of STEM Education (Vol. 6, Issue 1). Springer. https://doi.org/10.1186/s40594-018-0151-2 Markula, A., & Aksela, M. (2022). The key characteristics of project-based learning: how teachers implement projects in K-12 science education. Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research, 4(1). https://doi.org/10.1186/s43031-021-00042-x Maspul, K. A. (2024). Enhancing STEM Education through Project-Based Learning: A Strategy to Engaging Secondary School Students. https://ojs.edutechpublishing.com/index.php/affective Mauladhani, E. A., Safitri, A. I., Fakhira, A. A., Rohman, F. M., & Mahardika, K. I. (2023). Profil Peningkatan Literasi Sains Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika di Sekolah Menengah Pertama. JUrnal Fisika Papua, 2(1), 51–54. https://ejurnal.fmipa.uncen.ac.id/index.php/visika Maulana, A. H., Wicaksana, I. T. A., Panjaitan, J. R. H., & Nury, D. F. (2024). Potensi Kulit Pisang Kepok sebagai Biodegradable Plastic: Pengaruh Konsentrasi Plasticizer terhadap Yield Ekstrak Kulit Pisang. Journal Applied of Science and Chemical Engineering. Mayasari, T., & Paidi. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas XI Sma Negeri Di Kota Yogyakarta Mata Pelajaran Biologi Ditinjau Dari Kefavoritan Sekolah. Maret, 8(1), 86–97. https://journal.student.uny.ac.id/ Mujaddi, M. H., Agustina, T. W., & Maryanti, S. (2022). Critical Thinking Skills Using Science Technology Religion Engineering Arts and Mathematics (STREAM) Approach on Ecosystem Materials. Scientiae Educatia, 11(2). https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v11i2.11440 Nagarajan, V., Mohanty, A. K., & Misra, M. (2016). Perspective on Polylactic Acid (PLA) based Sustainable Materials for Durable Applications: Focus on Toughness and Heat Resistance. In ACS Sustainable Chemistry and Engineering (Vol. 4, Issue 6, pp. 2899–2916). American Chemical Society. https://doi.org/10.1021/acssuschemeng.6b00321 Naki, S. M., & Wake, M. S. A. I. (2020). Pemanfaatan Pati Umbi Talas (Colocasia Esculenta L.) Sebagai Bahan Pembuatan Bioplastik. Action Research Literate, 4(2). Natsir, N. F. (2013). Paradigma Wahyu Memandu Ilmu dalam Pembidangan Ilmu-Ilmu Keislaman. http://www.uinsgd.ac.id/front/detail/mengenal_tokoh/nanat-fatah-natsir Next Generation Standars Science (NGSS). (2013). The Next Generation Science Standards: Executive Summary. Nofiana, M., & Julianto, T. (2017). Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP di Kota Purwokerto Ditinjau Dari Aspek Konten, Proses, dan Konteks Sains. In Mufida Nofiana (Vol. 2). Nur, N., & Nugraha, M. S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran STEAM dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Di RA Al-Manshuriyah Kota Sukabumi. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 1(5), 73–93. https://doi.org/10.61132/arjuna.v1i5.158 OECD. (2001). Knowledge and skills for life: First results from PISA 2000 (executive summary. https://www.oecd.org/edu/school/programmeforinternationalstudentassessmentpisa/33691620.pdf Omer, S. S., & Hassan, N. E. (2024). Application of biodegradable plastic and their environmental impacts: A revie. World Journal of Advanced Research and Reviews, 21(1), 2139–2148. https://doi.org/10.30574/wjarr.2024.21.1.0155 Oner, A., Nite, S., Capraro, R., & Capraro, M. (2016). From STEM to STEAM: Students’ Beliefs About the Use of Their Creativity. The STEAM Journal, 2(2), 1–14. https://doi.org/10.5642/steam.20160202.06 Partnership for 21st Century learning. (2015). 21st CENTURY STUDENT OUTCOMES. 1–9. Paz, M., & Vasconcelos, C. (2025). Scientific Literacy to Address Sustainability: A Study on Deep-Sea Mining Education with Adolescents from a Social Care Institution. Sustainability (Switzerland), 17(2), 1–16. https://doi.org/10.3390/su17020688 PISA 2025 Science Framework (Draf). (2023). Pooja, N., Chakraborty, I., Rahman, M. H., & Mazumder, N. (2023). An insight on sources and biodegradation of bioplastics: a review. 3 Biotech, 13(7). https://doi.org/10.1007/s13205-023-03638-4 Prayogi, A., Kh, U., & Pekalongan, A. W. (2024). Metodologi Penelitian: Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif. https://www.researchgate.net/publication/381057587 Priyatno, D. (2020). SPSS untuk analisis statistik parametrik: Teori dan aplikasi. Puente, S. M. G., Van Eijck, M., & Jochems, W. (2013). A sampled literature review of design-based learning approaches: A search for key characteristics. International Journal of Technology and Design Education, 23(3), 717–732. https://doi.org/10.1007/s10798-012-9212-x Putri, M. A. N., & Dwikoranto, D. (2022). Implementation of STEM Integrated Project Based Learning (PjBL) to Improve Problem Solving Skills. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 10(1), 97. https://doi.org/10.20527/bipf.v10i1.12231 Rahayu, F., Tinggi, S., Dan, K., & Pendidikan, I. (2022). Pengembangan Kreativitas Anak Melalui Startegi 4P (Person, Press, Process, Product). Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(3), 2442–9511. https://doi.org/10.36312/jime.v8i2.3768/http Rahmadani, F., Setiadi, D., Yamin, M., & Kusmiyati, K. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Sains Biologi Peserta Didik SMA Kelas X di SMAN 1 Kuripan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2726–2731. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.1059 Rosidi, I. (2021). Profil Literasi Sains Aspek Kompetensi Siswa Pondok Pesantren Di Masa Pandemi Dengan Menggunakan Penilaian Berbasis Digital. Natural Science Education Research, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.21107/nser.v4i1.11467 Salma, R., Nilam Cahya, A., Rifqoh, S. M., Guru, P., Dasar, S., & Yogyakarta, U. N. (2024). STEAM Approach to Project Based Learning to Increase Student Creativity Pendekatan STEAM pada Project Based Learning untuk meningkatkan Kreativitas Siswa. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 10(1), 1–12. Santoso, S. (2017). Menguasai statistik di era revolusi data dengan SPSS 25. Elex Media Komputindo. Saputra, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Perangkat Multimedia, Multiple Intelligence Dan Kreatifitas Terhadap Hasil Belajar Siswa (Vol. 20, Issue 2). Sari, R. P. (2022). Kreativitas Anak Di Kelompok B Tk Aisyiyah 1 Kota Palu. Jurnal Bungamputi. p u t i, 8, 1–11. Sartika, D., & Silviana, D. (2023). Implementasi Pendekatan Steam Berbasis Pjbl dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Matematika. Jurnal Pemikiran & Penelitian Pendidikan Dasar, 7(1), 108. https://doi.org/10.52266/Journal Sciencebuddies. (2014). Comparing The Scientifi Method to The Engineering Process . Sigit, D. V., Ristanto, R. H., & Mufida, S. N. (2022). Integration of Project-Based E-Learning with STEAM: An Innovative Solution to Learn Ecological Concept. International Journal of Instruction, 15(3), 23–40. https://doi.org/10.29333/iji.2022.1532a Simatupang, G. R. L. L. (2010). Seni dan Agama. Disampaikan dalam Pembekalan Jelajah Budaya (BPSNT). Siroj, R. A., Afgani, W., Fatimah, Septaria, D., & Salsbila, G. Z. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif Pendekatan Ilmiah Untuk Analisis Data. 7(3). Situmorang, S. M. S., Rustaman, N. Y., & Purwianingsih, W. (2020). Identifikasi Kreativitas Siswa Sma dalam Pembelajaran Levels Of Inquiry pada Materi Sistem Pernapasan Melalui Asesmen Kinerja. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 4(1), 35–43. http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/dikbio Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi 11). Bandung: Alfabeta. Sukmadinata, N. syaioih. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya. Sulastri, M., & Cahyani, G. P. (2021). Pengaruh Project Based Learning dengan Pendekatan STEAM. Jurnal Pendidikan Akuntasi, 9(3), 2722–7502. Sulistina, O., Permatasari, A., Cahyani, A. D. R., Syihab, H. T., & Rohmawati, L. (2024). Pendekatan Stem Dalam Pengembangan Kemampuan Literasi Sains. UNESA Journal of Chemical Education, 13(3), 258–268. https://doi.org/10.26740/ujced.v13n3.p258-268 Suminantono, B., & Widhiarso, W. (Eds.). (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch pada Assessment Pendidikan. Trim Komunikata. Sumintono, B., & Widhiarso, W. (Eds.). (2015). Aplikasi Model Rasch untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Trim Komunikata Publishing House. Suwarma, I. R. (2014a). A Research on STEM Education Theory and Practices Method in Japan and Indonesia Using Multiple Intelligence Approach [Master’s thesis]. Shizuoka University. Suwarma, I. R. (2014b). A Research on STEM Education Theory and Practices Method in Japan and Indonesia Using Multiple Intelligences Approach. Tan, J., Mao, J., Jiang, Y., & Gao, M. (2021). The influence of academic emotions on learning effects: A systematic review. In International Journal of Environmental Research and Public Health (Vol. 18, Issue 18). MDPI. https://doi.org/10.3390/ijerph18189678 Thiagarajan. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Indiana University. Tillah, F. N., & Subekti, H. (2025). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Berdasarkan Indikator dan Level Literasi Sains. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 12(1), 137–154. https://doi.org/https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i1.1271 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Utami, L., Festiyed, Dian Purnama Ilahi, Arista Ratih, Elvi yenti, & Lazulva. (2024). Analisis Indeks Aiken Untuk Mengetahui Validitas Isi Instrumen Scinetific Habbits Of Mind. Journal of Research and Education Chemistry, 6(1), 59. https://doi.org/10.25299/jrec.2024.vol6(1).17430 Uyun, B. M., Hermynyawaty, E., & Lutfi, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Peserta Didik pada Materi Sistem Koloid. 6(2), 2023. Vladova, I. (2023). Towards a More Sustainable Future: The Importance of Environmental Education in Developing Attitudes towards Environmental Protection. SHS Web of Conferences, 176, 01009. https://doi.org/10.1051/shsconf/202317601009 Widodo, A. (2021). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam : Dasar-Dasar untuk Praktik. UPI Press. Widyaningrum, R., & Prihastari, E. B. (2023). Implementing Local Wisdom-Integrated Project-Based Learning Model to Instill Students’ Learning Independence. SHS Web of Conferences, 173, 01011. https://doi.org/10.1051/shsconf/202317301011 Widyastuti, S., Ratnawati, R., & Priyono, N. S. (2021). Production of bioplastics from organic waste with tapioca flour and glycerol. Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam Dan Lingkungan, 11(4), 677–684. https://doi.org/10.29244/jpsl.11.4.677-684 Yanti, R. A., & Novaliyosi, N. (2023). Systematic Literature Review: Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Skill yang dikembangkan dalam Tingkatan Satuan Pendidikan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2191–2207. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2463 Yanto, M., & Lambung Mangkurat, U. (2021). Pengembangan E-Book Mata Kuliah Media Fotografi. Journal of Instructional Technology J-INSTECH, 2(1), 24–31. Yudianto, S. A. (2009). Pembelajaran Sains Biologi Menggunakan Nuansa Nilai untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Siswa. Inovasi Pendidikan, 10(1), 34–48. Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil Pisa Dan Faktor Penyebab. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283 Zaitia, A. (2021). Pembelajaran Berbasis Proyek Bersama Pt. Pesona Khatulistiwa Nusantara Dengan Metode Blended Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Dimasa Covid-19. Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3). Zayyinah, Z., Erman, E., Supardi, Z. A. I., Hariyono, E., & Prahani, B. K. (2022b). STEAM-Integrated Project Based Learning Models: Alternative to Improve 21st Century Skills. Proceedings of the Eighth Southeast Asia Design Research (SEA-DR) & the Second Science, Technology, Education, Arts, Culture, and Humanity (STEACH) International Conference (SEADR-STEACH 2021) STEAM-Integrated, 627. Zhang, L., & Ma, Y. (2023). A study of the impact of project-based learning on student learning effects: a meta-analysis study. In Frontiers in Psychology (Vol. 14). Frontiers Media SA. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1202728 Zhao, X., Wang, Y., Chen, X., Yu, X., Li, W., Zhang, S., Meng, X., Zhao, Z. M., Dong, T., Anderson, A., Aiyedun, A., Li, Y., Webb, E., Wu, Z., Kunc, V., Ragauskas, A., Ozcan, S., & Zhu, H. (2023). Sustainable bioplastics derived from renewable natural resources for food packaging. In Matter (Vol. 6, Issue 1, pp. 97–127). Cell Press. https://doi.org/10.1016/j.matt.2022.11.006 Zubaidah, Siti. (2019). STEAM (science, technology, engineering, arts, and mathematics): Pembelajaran untuk memberdayakan keterampilan abad ke-21 [STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics): Learning to Empower 21st Century Skills] Seminar Nasional Matematika Dan Sains; September; 1–18
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Fitri Hayati Kurnia
Date Deposited: 29 Aug 2025 08:36
Last Modified: 29 Aug 2025 08:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116666

Actions (login required)

View Item View Item