Pengaruh Achievement Motivation dan Self-Regulation terhadap Academic Burnout pada mahasiswa yang kuliah sambil bekerja

Soleha, Ratih (2025) Pengaruh Achievement Motivation dan Self-Regulation terhadap Academic Burnout pada mahasiswa yang kuliah sambil bekerja. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_Sk Bebas Plagisrime.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_Daftar Isi.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_Bab1.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text
6_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text
7_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB) | Request a copy
[img] Text
8_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB) | Request a copy
[img] Text
9_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text
10_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena mahasiswa yang kuliah sambil bekerja semakin umum terjadi di Indonesia. Kondisi ini menghadirkan tantangan psikologis yang signifikan, salah satunya adalah Academic Burnout. Academic burnout merupakan suatu konidisi psikologis yang ditandai dengan kelelahan karena tuntutan akademik, sikap sinis atau menjauh terhadap studi, serta perasaan tidak kompeten sebagai seorang mahasiswa. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh achievement motivation dan self regulation terhadap academic burnout pada mahasiswa yang kerja sambil berkuliah. Penelitian ini melibatkan 237 mahasiswa aktif S1 UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang kuliah sambil bekerja. Metode yang digunakan adalah kuanititaif dengan analisis regresi linear berganda.Dengan alat ukur Achievement Motivation diukur dengan instrumen dari McClelland, yang menilai dorongan individu untuk berprestasi melalui indikator kebutuhan berprestasi (need for achievement). Self-Regulation diukur dengan Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) yang dikembangkan oleh Pintrich et al., dengan fokus pada aspek regulasi diri dalam belajar. Academic Burnout diukur dengan Maslach Burnout Inventory-Student Survey (MBI-SS) yang terdiri atas tiga dimensi: exhaustion, cynicism, dan reduced academic efficacy. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan skala likert. Hasil penelitian ini menunujukan achievement motivation dan self regulation memiliki pengaruh terhadap academic burnout pada mahasiswa yang kuliah sambil bekerja sebesar 21,6 %.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Achievement Motivation; Self Regulation ; Academic Burnout
Subjects: Education
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Ratih Soleha
Date Deposited: 29 Aug 2025 07:58
Last Modified: 29 Aug 2025 07:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116694

Actions (login required)

View Item View Item