Pengaruh model Diskursus Multy Reprecentation terhadap peningkatam literasi sains pada materi bioteknologi

Nabila, Wulan Wita (2025) Pengaruh model Diskursus Multy Reprecentation terhadap peningkatam literasi sains pada materi bioteknologi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. SK PLAGIARISME.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB 1.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text
6. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text
8.BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text
9. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text
10. DAFUS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya kemampuan literasi sains di slah satu sekolah smp labschool upi cibiru kota bandung, yang membuat penelitian ini dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) terhadap peningkatan literasi sains siswa pada materi bioteknologi di tingkat SMP. Literasi sains merupakan kompetensi penting dalam pembelajaran abad 21 yang mencakup kemampuan memahami konsep sains, berpikir kritis, dan menerapkan pengetahuan ilmiah dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment) menggunakan model pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IXB sebagai eksperimen yang menggunakan model DMR dan kelas kontrol IXC yang menggunakan pembelajaran konvensional dengan jumlah subjek 30 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes literasi sains yang telah divalidasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen sebesar 97% pada kinerja guru dan 94% pada aktivitas siswa, sedangkan pada kelas kontrol kinerja guru diperoleh sebesar 95% dan 91% pada aktivitas siswa , keduanya berada dalam kategori “sangat baik”. Kemampuan literasi sains pada kelas eksperimen N-Gain sebesar 0,58 (sedang) dan kelas kontrol N-Gain 0,46 (sedang). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis (uji Mann Witney) diperoleh sig.(2-tailed) 0,001 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Selain itiu diperkuat dengan perolehan uji effect size sebesar 1,19 yang menunujukan kategori (efek kuat). Lalu hasil respon siswa terhadap pembelajaran memeperoleh nilai rata rata 71% kategori baik pada kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol sebesar 67% kategori baik. Dengan demikian, model DMR direkomendasikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang mendukung pengembangan literasi sains siswa pada materi bioteknologi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Diskursus Multi Representasi; literasi sains; bioteknologi; pembelajaran SMP
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Human Anatomy, Cytology, Histology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Wulan Wita Nabila
Date Deposited: 01 Sep 2025 01:18
Last Modified: 01 Sep 2025 01:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116883

Actions (login required)

View Item View Item