Pengaruh penyerapan anggaran terhadap kinerja organisasi pada Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Perdagangan Kota Bandung

Sari, Dewi Puspita (2018) Pengaruh penyerapan anggaran terhadap kinerja organisasi pada Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Perdagangan Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (490kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena belum optimalnya penyerapan anggaran terhadap kinerja organisasi pada Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Perdagangan Kota Bandung. Hal ini dapat dilihat dari laporan realisasi anggaran yang mana pencapaiannya belum sesuai dengan target yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penyerapan anggaran terhadap kinerja organisasi pada Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Perdagangan Kota Bandung Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Abdul Halim (2016:101-102) terkait dimensi Penyerapan Anggaran dalam variabel independen (X) diantaranya meliputi Penganggaran dan dokumen pelaksanaan anggaran, Peraturan, petunjuk pelaksanaan dan panitia pengadaan, Persiapan pelaksanaan kegiatan, dan Pelaksanaan kegiatan. Untuk Kinerja Organisasi peneliti menggunakan dimensi dari Baban Sobandi (2006:179) yang terdiri dari Keluaran, Hasil, Kaitan usaha dengan pencapaian, dan Informasi penjelas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif asosiatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi dan angket kepada 76 responden guna mendapatkan data sekunder dan informasi yang dibutuhkan. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah koefisien determinasi, regresi linier sederhana dengan uji t. Berdasarkan persamaan regresi linier sederhana dapat dianalisis yaitu konstanta sebesar 5,680 artinya jika penyerapan anggaran nilainya adalah 0, maka kinerja organisasi (Y) sebesar 5,680%. Koefisien regresi variabel penyerapan anggaran sebesar 0,662 artinya jika penyerapan anggaran mengalami kenaikan sebesar 1%, maka kinerja organisasi (Y) akan mengalami kenaikan sebesar 0,662%. Disimpulkan bahwa koefisien bernilai positif artinya terjadi hubungan yang positif antara penyerapan anggaran dengan kinerja organisasi. Berdasarkan tabel koefisien determinasi diperoleh angka R2 sebesar 0,679 atau (67,9%). Hal ini menunjukan bahwa persentase sumbangan pengaruh penyerapan anggaran terhadap kinerja organisasi sebesar 67,9%, sedangkan sisa sebesar 32,1% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain, dari nilai koefisien determinasi dapat disimpulkan bahwa terjadi pengaruh yang tinggi dari penyerapan anggaran terhadap kinerja organisasi pada Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Perdagangan Kota Bandung. Berdasarkan hasil pengolahan data uji t, diperoleh t hitung sebesar 12.500. Tabel distribusi t dicari α = 5% dengan derajat keabsahan df (n-2) / (76-2) = 74, maka diperoleh untuk t tabel sebesar 1.9925. Oleh karena nilai t hitung > t tabel (12.500 > 1.9925), artinya bahwa penyerapan anggaran berpengaruh terhadap kinerja organisasi pada Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Perdagangan Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penyerapan Anggaran;Kinerja Organisasi
Subjects: Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Dewi Puspita Sari
Date Deposited: 26 Jul 2018 04:58
Last Modified: 26 Jul 2018 04:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11691

Actions (login required)

View Item View Item