Penerapan model pembelajaran CCDSR(Condition, Construction, Development, Simulation, Reflection)untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada materi gerak harmonik sederhana

Ibrahim, Eris Maulana (2025) Penerapan model pembelajaran CCDSR(Condition, Construction, Development, Simulation, Reflection)untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada materi gerak harmonik sederhana. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text (BAB I)
4_Bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
10_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Pendidikan abad ke-21 berfokus menuntut keterampilan yang harus dimiliki peserta didik, salah satunya keterampilan proses sains. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains peserta didik. Salah satu alternatif untuk meningkatkan keterampilan proses sains dengan menerapkan model pembelajaran CCDSR. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan setiap tahapan model pembelajaran CCDSR, peningkatan keterampilan proses sains peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran CCDSR. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimental design dilaksanakan pada satu kelompok peserta didik yaitu kelompok eksperimen. Keterlaksanaan model pembelajaran CCDSR dinilai melalui lembar observasi. Teknik analisis data mencakup uji normalitas menggunakan uji Shapiro-Wilk, uji hipotesis, dan uji N-gain. Peningkatan keterampilan proses sains pada peserta didik dinilai melalui pretest dan postest. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan model pembelajaran CCDSR berlangsung sangat baik dengan persentase rata-rata aktivitas guru sebesar 83% dan aktivitas peserta didik 82%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji dependent sample t test probabilitas Sig. (2-tailed) pada data posttest setelah diberi perlakuan 0,000<0,05 dengan kriteria H_a diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik setelah diterapkannya model Pembelajaran CCDSR dengan nilai N-gain sebesar 0,79 pada kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran CCDSR; keterampilan proses sains; gerak harmonik sederhana
Subjects: Education
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Eris Maulana Ibrahim
Date Deposited: 10 Sep 2025 08:11
Last Modified: 10 Sep 2025 08:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116926

Actions (login required)

View Item View Item