Penggunaan Algebrator melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan Symbol Sense Skill dan Self Concept siswa

Falah, Fania Azzahroh Nurul (2025) Penggunaan Algebrator melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan Symbol Sense Skill dan Self Concept siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_sk bebas plagiarism.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftar isi.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab 1.pdf

Download (570kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (876kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
9_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Symbol sense skill dan self concept merupakan kemampuan penting dalam pembelajaran matematika yang membantu siswa memahami, mengaitkan, dan memanipulasi simbol secara bermakna dalam konteks kehidupan nyata. Integrasi model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan teknologi pembelajaran seperti Algebrator diyakini mampu menciptakan proses belajar yang interaktif, kontekstual, dan menumbuhkan rasa percaya diri siswa. Namun, fakta di lapangan menunjukkan rendahnya kedua kemampuan tersebut, khususnya pada materi aljabar, yang tercermin dari kesulitan siswa menginterpretasikan simbol serta sikap pasif dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan menganalisis peningkatan symbol sense skill dan self concept melalui model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan Algebrator. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari tiga kelas X di suatu SMA di Kabupaten Garut. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi, tes symbol sense skill, dan angket self concept. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kelas CTL berbantuan Algebrator dibandingkan kedua kelas lainnya, dan hasil ini konsisten berdasarkan gender. Analisis data memperlihatkan bahwa siswa lebih aktif mengaitkan simbol dengan konsep nyata serta menunjukkan sikap percaya diri lebih baik saat menghadapi soal kontekstual. Temuan ini berkontribusi pada pengembangan strategi pembelajaran matematika berbasis teknologi yang memadukan konteks nyata dan media interaktif untuk mendukung capaian kognitif dan afektif siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: algebrator; model contextual teaching and learning; self concept; symbol sense skill
Subjects: Algebra
Analysis, Theory of Functions
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Fania Azzahroh Nurul Falah
Date Deposited: 01 Sep 2025 07:32
Last Modified: 01 Sep 2025 07:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116959

Actions (login required)

View Item View Item