Falah, Fania Azzahroh Nurul (2025) Penggunaan Algebrator melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan Symbol Sense Skill dan Self Concept siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_sk bebas plagiarism.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftar isi.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab 1.pdf Download (570kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (876kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
Symbol sense skill dan self concept merupakan kemampuan penting dalam pembelajaran matematika yang membantu siswa memahami, mengaitkan, dan memanipulasi simbol secara bermakna dalam konteks kehidupan nyata. Integrasi model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan teknologi pembelajaran seperti Algebrator diyakini mampu menciptakan proses belajar yang interaktif, kontekstual, dan menumbuhkan rasa percaya diri siswa. Namun, fakta di lapangan menunjukkan rendahnya kedua kemampuan tersebut, khususnya pada materi aljabar, yang tercermin dari kesulitan siswa menginterpretasikan simbol serta sikap pasif dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan menganalisis peningkatan symbol sense skill dan self concept melalui model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan Algebrator. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari tiga kelas X di suatu SMA di Kabupaten Garut. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi, tes symbol sense skill, dan angket self concept. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kelas CTL berbantuan Algebrator dibandingkan kedua kelas lainnya, dan hasil ini konsisten berdasarkan gender. Analisis data memperlihatkan bahwa siswa lebih aktif mengaitkan simbol dengan konsep nyata serta menunjukkan sikap percaya diri lebih baik saat menghadapi soal kontekstual. Temuan ini berkontribusi pada pengembangan strategi pembelajaran matematika berbasis teknologi yang memadukan konteks nyata dan media interaktif untuk mendukung capaian kognitif dan afektif siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | algebrator; model contextual teaching and learning; self concept; symbol sense skill |
Subjects: | Algebra Analysis, Theory of Functions |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fania Azzahroh Nurul Falah |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 07:32 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 07:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116959 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |