Pengaruh self regulation dan motivasi belajar terhadap perilaku cyberloafing pada mahasiswa UIN Bandung

Alifah, Rahma Siti (2025) Pengaruh self regulation dan motivasi belajar terhadap perilaku cyberloafing pada mahasiswa UIN Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1 (7).pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Internet memiliki banyak manfaat dalam mendukung pembelajaran, namun di sisi lain juga dapat memunculkan masalah seperti cyberloafing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self regulation dan motivasi belajar terhadap perilaku cyberloafing pada mahasiswa. Data dikumpulkan melalui kuesioner terhadap 385 mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang dipilih dengan teknik non-probability sampling jenis incidental sampling. Instrumen yang digunakan meliputi Skala Cyberloafing, Short version of Self regulation Questionnaire (SSRQ), dan The Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ). Analisis regresi menunjukkan bahwa self regulation berpengaruh negatif signifikan terhadap cyberloafing (p = 0,000) dengan kontribusi sebesar 80,7%. Sebaliknya, motivasi belajar berpengaruh positif signifikan terhadap cyberloafing (p = 0,000) dengan kontribusi 2,5%. Secara simultan, keduanya berpengaruh signifikan terhadap cyberloafing dengan nilai R² sebesar 0,832. Hasil ini menunjukkan bahwa 83,2% variasi perilaku cyberloafing dapat dijelaskan oleh regulasi diri dan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: self regulation; motivasi belajar; cyberloafing
Subjects: Psychology > Education of Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: rahma siti alifah
Date Deposited: 02 Sep 2025 03:57
Last Modified: 02 Sep 2025 08:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116961

Actions (login required)

View Item View Item