Menyingkap Al-hikam analisis semiotika Charles Sanders peirce terhadap nilai pendidikan karakter

Siswanto, Adi and Rahtikawati, Yayan and Ridho, Mohammad Rosyid (2025) Menyingkap Al-hikam analisis semiotika Charles Sanders peirce terhadap nilai pendidikan karakter. Tsaqofiya : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 7 (2). pp. 593-504. ISSN 2685-7103

[img]
Preview
Text
Menyingkap Al-Hikam Analisis Semiotika Charles Sanders Peirceterhadap Nilai Pendidikan Karakter.pdf

Download (977kB) | Preview
Official URL: https://tsaqofiya.iainponorogo.ac.id/index.php/tsa...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam kitab Al-Hikam karya Syekh Ibnu ‘Athaillah dengan menggunakan pendekatan Semiotika dari Charles Sanders Peirce. Kitab ini dipilih karena berisi banyak ajaran moral dan spiritual yang masih relevan untuk membentuk karakter manusia di masa sekarang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis semiotik triadik Peirce, yaitu terdiri dari tiga unsur: representamen, objek, dan interpretan.Data yang dianalisis berupa 8 hikmah terpilih dari Al-Hikamsecara purposif. Hasil penelitian menunjukkan kitab al-Ḥikam mengandung nilai-nilai pendidikan karakter yang mencakup aspek individu, sosial, dan transendental. Melalui pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce, hikmah-hikmah dalam kitab ini dapat dianalisis sebagai sistem tanda yang mengandung pesan moral dan spiritual yang mendalam. Nilai-nilai seperti ikhlas, tawakkal, sabar, muhasabah, amanah, qana’ah, dan zuhud, teridentifikasi sebagai unsur penting dalam pembentukan karakter Islami.Penelitian ini berkontribusi pada pemanfaatan warisan klasik Islam dalam pengembangan pendidikan karakter di masa sekarang. Kata

Item Type: Article
Subjects: Arabic
Language
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Adi Siswanto Adi Siswanto
Date Deposited: 08 Sep 2025 01:08
Last Modified: 08 Sep 2025 01:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116971

Actions (login required)

View Item View Item