Hendriawan, Priyatna (2025) Integrasi pembelajaran berbasis proyek dengan teknologi sistem otomasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasi dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (634kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (368kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (609kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (878kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (777kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan di Indonesia mulai mengarah pada pembelajaran proyek berbasis teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pembelajaran proyek berbasis teknologi sistem otomasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasi dan kemampuan berpikir kreatif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah mix method tipe konvergen. Jenis penelitian menggunakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi modul ajar dan lembar kerja peserta didik. Instrumen lainnya adalah soal pretest-posttest kemampuan berpikir komputasi, lembar penilaian berpikir kreatif, wawancara, dan angket. Adapun analisis data yang digunakan meliputi expert judgment untuk semua instrumen yang digunakan, uji asumsi klasik dan uji t untuk pretest-posttest, serta analisis data kualitatif Miles & Huberman untuk data wawancara dan angket terbuka. Sedangkan, uji keabsahan data menggunakan tri angulasi teknik dengan cara membandingkan data dari semua teknik yang digunakan. Pada proses pelaksanaan, rata-rata persentase hasil penilaian lembar observasi guru adalah 99%, sedangkan rata-rata persentase hasil penilaian lembar observasi peserta didik adalah 88,9%. Hasil pengujian berpikir komputasi menunjukkan bahwa nilai signifikansi mencapai 0,344 yang mengindikasikan tidak ada perbedaan kemampuan berpikir komputasi peserta didik sebelum dan setelah penerapan desain pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh proses penelitian yang terlalu berfokus pada teknis dibandingkan pengembangan proses berpikir komputasi. Selain itu, faktor lainnya adalah waktu yang digunakan terlalu sedikit, yakni hanya dua pertemuan untuk mengenalkan dan pembuatan proyeknya. Adapun hasil pengujian berpikir kreatif menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik berada pada level observation of thinking. Hal ini menunjukkan bahwa peserta didik dapat melakukan adaptasi dari proyek yang dibuat dan mulai memasukkan ide pada proyek yang dikembangkannya. Kata Kunci : berpikir kreatif, berpikir komputasi, pjbl, sistem otomasi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | berpikir kreatif; berpikir komputasi; pjbl; sistem otomasi |
Subjects: | Data Processing, Computer Science > Internet (World Wide Web) Adult Education > Adult Education in Indonesia Applied Physics > Electronics |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Hendriawan Priyatna |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 04:10 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 04:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117054 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |