Integrasi pembelajaran berbasis proyek dengan teknologi sistem otomasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasi dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik

Hendriawan, Priyatna (2025) Integrasi pembelajaran berbasis proyek dengan teknologi sistem otomasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasi dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (609kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan di Indonesia mulai mengarah pada pembelajaran proyek berbasis teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pembelajaran proyek berbasis teknologi sistem otomasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasi dan kemampuan berpikir kreatif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah mix method tipe konvergen. Jenis penelitian menggunakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi modul ajar dan lembar kerja peserta didik. Instrumen lainnya adalah soal pretest-posttest kemampuan berpikir komputasi, lembar penilaian berpikir kreatif, wawancara, dan angket. Adapun analisis data yang digunakan meliputi expert judgment untuk semua instrumen yang digunakan, uji asumsi klasik dan uji t untuk pretest-posttest, serta analisis data kualitatif Miles & Huberman untuk data wawancara dan angket terbuka. Sedangkan, uji keabsahan data menggunakan tri angulasi teknik dengan cara membandingkan data dari semua teknik yang digunakan. Pada proses pelaksanaan, rata-rata persentase hasil penilaian lembar observasi guru adalah 99%, sedangkan rata-rata persentase hasil penilaian lembar observasi peserta didik adalah 88,9%. Hasil pengujian berpikir komputasi menunjukkan bahwa nilai signifikansi mencapai 0,344 yang mengindikasikan tidak ada perbedaan kemampuan berpikir komputasi peserta didik sebelum dan setelah penerapan desain pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh proses penelitian yang terlalu berfokus pada teknis dibandingkan pengembangan proses berpikir komputasi. Selain itu, faktor lainnya adalah waktu yang digunakan terlalu sedikit, yakni hanya dua pertemuan untuk mengenalkan dan pembuatan proyeknya. Adapun hasil pengujian berpikir kreatif menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik berada pada level observation of thinking. Hal ini menunjukkan bahwa peserta didik dapat melakukan adaptasi dari proyek yang dibuat dan mulai memasukkan ide pada proyek yang dikembangkannya. Kata Kunci : berpikir kreatif, berpikir komputasi, pjbl, sistem otomasi

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: berpikir kreatif; berpikir komputasi; pjbl; sistem otomasi
Subjects: Data Processing, Computer Science > Internet (World Wide Web)
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Applied Physics > Electronics
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Hendriawan Priyatna
Date Deposited: 01 Sep 2025 04:10
Last Modified: 01 Sep 2025 04:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117054

Actions (login required)

View Item View Item