Andiyani, Nurul Shifa (2025) Penerapan model pembelajaran Flipped Classroom untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris di Madrasah Ibtidaiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (364kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris melalui penerapan model pembelajaran Flipped Classroom di kelas VB MI Miftahul Huda Bandung. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil pemahaman siswa terhadap materi Bahasa Inggris yang disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran konvensional yang kurang interaktif dan terbatasnya waktu pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam empat siklus, masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 21 siswa kelas VB. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes tulis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman siswa dari pra-siklus hingga siklus IV. Pada pra-siklus, rata-rata nilai siswa sebesar 57 dengan ketuntasan klasikal 27%. Setelah penerapan model Flipped Classroom, terjadi peningkatan bertahap: siklus I (rata-rata 63; ketuntasan 39%), siklus II (rata-rata 67; ketuntasan 52%), siklus III (rata-rata 72; ketuntasan 62%), dan siklus IV (rata-rata 79; ketuntasan 86%). Selain itu, aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari 57% di siklus I menjadi 85% di siklus IV, sementara aktivitas guru terlaksana secara konsisten sebesar 100% di setiap siklus. Peningkatan terjadi pada setiap siklus menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang diterapkan berjalan secara bertahap namun efektif. Hal ini tidak hanya tercermin dari peningkatan nilai dan ketuntasan belajar siswa, tetapi juga dari keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Siswa menjadi lebih bersemangat, antusias, dan menunjukkan partisipasi yang tinggi dalam setiap tahapan pembelajaran, terutama saat melakukan aktivitas diskusi dan latihan secara berkelompok. Kondisi ini memberikan bukti bahwa model Flipped Classroom mampu mengatasi tantangan pembelajaran yang terjadi sebelumnya. Model pembelajaran Flipped Classroom memberikan ruang yang luas bagi siswa untuk mengakses materi secara fleksibel di luar jam pelajaran, sehingga memungkinkan mereka untuk belajar sesuai dengan kecepatan masing-masing. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Bahasa Inggris, tetapi juga mendorong kemandirian belajar yang lebih baik. Oleh karena itu, penerapan model ini sangat relevan untuk diterapkan di lingkungan sekolah dasar yang memiliki keragaman kemampuan belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Flipped Classroom; Model Pembelajaran; Pemahaman Siswa; Bahasa Inggris; Madrasah Ibtidaiyah; Pendidikan Dasar |
Subjects: | Education, Research Elementary Education > Elementary School |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nurul Shifa Andiyani |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 00:56 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 00:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117067 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |