Penerapan model pembelajaran Flipped Classroom untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris di Madrasah Ibtidaiyah

Andiyani, Nurul Shifa (2025) Penerapan model pembelajaran Flipped Classroom untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris di Madrasah Ibtidaiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris melalui penerapan model pembelajaran Flipped Classroom di kelas VB MI Miftahul Huda Bandung. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil pemahaman siswa terhadap materi Bahasa Inggris yang disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran konvensional yang kurang interaktif dan terbatasnya waktu pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam empat siklus, masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 21 siswa kelas VB. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes tulis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman siswa dari pra-siklus hingga siklus IV. Pada pra-siklus, rata-rata nilai siswa sebesar 57 dengan ketuntasan klasikal 27%. Setelah penerapan model Flipped Classroom, terjadi peningkatan bertahap: siklus I (rata-rata 63; ketuntasan 39%), siklus II (rata-rata 67; ketuntasan 52%), siklus III (rata-rata 72; ketuntasan 62%), dan siklus IV (rata-rata 79; ketuntasan 86%). Selain itu, aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari 57% di siklus I menjadi 85% di siklus IV, sementara aktivitas guru terlaksana secara konsisten sebesar 100% di setiap siklus. Peningkatan terjadi pada setiap siklus menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang diterapkan berjalan secara bertahap namun efektif. Hal ini tidak hanya tercermin dari peningkatan nilai dan ketuntasan belajar siswa, tetapi juga dari keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Siswa menjadi lebih bersemangat, antusias, dan menunjukkan partisipasi yang tinggi dalam setiap tahapan pembelajaran, terutama saat melakukan aktivitas diskusi dan latihan secara berkelompok. Kondisi ini memberikan bukti bahwa model Flipped Classroom mampu mengatasi tantangan pembelajaran yang terjadi sebelumnya. Model pembelajaran Flipped Classroom memberikan ruang yang luas bagi siswa untuk mengakses materi secara fleksibel di luar jam pelajaran, sehingga memungkinkan mereka untuk belajar sesuai dengan kecepatan masing-masing. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Bahasa Inggris, tetapi juga mendorong kemandirian belajar yang lebih baik. Oleh karena itu, penerapan model ini sangat relevan untuk diterapkan di lingkungan sekolah dasar yang memiliki keragaman kemampuan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Flipped Classroom; Model Pembelajaran; Pemahaman Siswa; Bahasa Inggris; Madrasah Ibtidaiyah; Pendidikan Dasar
Subjects: Education, Research
Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurul Shifa Andiyani
Date Deposited: 02 Sep 2025 00:56
Last Modified: 02 Sep 2025 00:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117067

Actions (login required)

View Item View Item