Analisis sentimen terhadap pengunjung di pujasera dengan menggunakan metode IndoBERT

Gunawan, Siti Nurhayati (2025) Analisis sentimen terhadap pengunjung di pujasera dengan menggunakan metode IndoBERT. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER .pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
Lembar Pernyataan Karya.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
DAFTAR ISI.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (133kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (960kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan media sosial telah memberikan peluang besar dalam memahami opini public secara digital, termasuk dalam sektor kuliner seperti Pujasera. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model IndoBERT, varian dari BERT yang diadaptasi untuk Bahasa Indonesia untuk mengklasifikasikan sentimen positif dan negatif dari komentar pengunjung yang diambil dari platform Instagram. Penelitian ini menggunakan varian indobenchmark/indobert-base-p1 dan membandingkan performa model berdasarkan dua skenario pembagian data (80:10:10 dan 70:20:10) serta tiga variasi learning rate (1e-4, 5e-5, dan 1e-5). Proses meliputi pembersihan data, tokenisasi, pelabelan, dan pelatihan model dengan fine-tuning pada IndoBERT. Evaluasi model dilakukan dengan menggunakan metrik akurasi, presisi, recall, dan F1-score. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa konfigurasi terbaik diperoleh pada skenario 70:20:10 dengan learning rate 5e-5, yang menghasilkan akurasi sebesar 85%, presisi 89%, recall 89%, dan F1-score 89%. Mayoritas komentar menunjukkan sentimen positif terhadap pengalaman pengunjung di Pujasera, sementara komentar negatif memberikan wawasan penting untuk evaluasi kualitas layanan dan fasilitas. Dengan demikian, penerapan IndoBERT dalam analisis sentimen terbukti efektif dan dapat menjadi dasar pengambilan keputusan strategis berbasis data dalam pengembangan bisnis kuliner;

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis Sentimen; IndoBERT; Instagram; Pujasera, Media Sosial
Subjects: Applied Physics > Communication Engineering
Military and Nautical Engineering > Engineering of Defence
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Siti Nurhayati Gunawan
Date Deposited: 02 Sep 2025 01:37
Last Modified: 02 Sep 2025 01:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117091

Actions (login required)

View Item View Item