Pengaruh Pembiayaan Mudharabah dan Piutang Multijasa terhadap Laba Operasional dari penyaluran dana di PT. BPRS Al Salaam Amal Salman

Subagya, Rizky (2018) Pengaruh Pembiayaan Mudharabah dan Piutang Multijasa terhadap Laba Operasional dari penyaluran dana di PT. BPRS Al Salaam Amal Salman. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTRA ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (940kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy

Abstract

Dalam suatu bank, salah satu kegiatan usahanya adalah melakukan pembiayaan. Pembiayaan mudharabah adalah suatu perjanjian pembiayaan antara bank syariah dan nasabah dimana bank menyediakan dana untuk penyediaan modal kerja sedangkan peminjam berupaya mengelola dana tersebut unuk pengembangan usahanya. Piutang multijasa adalah penyediaaan dana atau tagihan berupa transaksi sewa menyewa jasa dalam bentuk ijarah untuk transaksi multijasa berdasarkan persetujuan atau kesepakatan antara bank syariah dan pihak lain. Pembiayaan-pembiayaan ini nantinya akan berpengaruh terhadap laba operasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembiayaan mudharabah terhadap laba operasional secara parsial, seberapa besar pengaruh piutang multijasa terhadap laba operasional secara parsial, seberapa besar pengaruh pembiayaan mudharabah dan piutang multijasa terhadap laba operasional secara simultan pada PT. BPRS Al-Salaam Amal Salman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan berupa angka yang diperoleh dari laporan keuangan PT. BPRS Al Salaam Amal Salman yang telah dipublikasi. Teknik penelitian yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan berganda, analisis korelasi parsial dan simultan, analisis koefisien determinasi, uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pembiayaan mudharabah terhadap laba operasional secara parsial sebesar 3,71% dan sisanya sebesar 96,29% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Pengaruh piutang multijasa terhadap laba operasional secara parsial sebesar 6% dan sisanya sebesar 94% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Secara simultan, pengaruh pembiayaan mudharabah dan piutang multijasa terhadap laba operasional sebesar 39,2% dan sisanya sebesar 60,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan mudharabah; piutang multijasa; laba operasional;
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Rizky Subagya
Date Deposited: 24 Jul 2018 03:03
Last Modified: 24 Jul 2018 03:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11718

Actions (login required)

View Item View Item