Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (Project-based Learning) berbantu aplikasi canva terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian di SMA Laboratorium Percontohan UPI Cibiru Kab. Bandung

Zakyawan, Rizky (2025) Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (Project-based Learning) berbantu aplikasi canva terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian di SMA Laboratorium Percontohan UPI Cibiru Kab. Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (587kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (885kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Laboratorium Percontohan UPI Cibiru Kab. Bandung. Berdasarkan studi pendahuluan yaitu wawancara yang dilakukan oleh peneliti dengan guru mata pelajaran PAI, diketahui bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI masih tergolong rendah. Hal ini dikaitkan dengan ketidaktepatan dalam memilih metode, model dan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) berbantu aplikasi canva pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas X SMA Laboratorium Percontohan UPI Cibiru. (2) Menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) berbantu aplikasi canva terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas X SMA Laboratorium Percontohan UPI Cibiru. Hasil belajar siswa menjadi salah satu faktor yang dipengaruhi oleh penerapan metode, model dan media pembelajaran. Model project-based learning dipilih karena mampu membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran secara visual, sedangkan aplikasi canva digunakan sebagai alat bantu pembelajaran yang bersifat interaktif serta inovatif. Model project-based learning diduga mampu meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada aspek kognitif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen, menggunakan desain nonequivalent-control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif dengan menggunakan pendekatan statistik. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menerapkan model project-based learning berbantu aplikasi canva, sementara kelas kontrol menggunakan metode konvensional (ceramah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Hasil observasi memperoleh skor rata-rata sebesar 88%, maka dapat dikatakan penerapan model PjBL terlaksana dengan sangat baik. (2) Penerapan model project-based learning berbantu aplikasi canva memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X-3 SMA Laboratorium Percontohan UPI Cibiru dengan hasil uji hipotesis menunjukkan nilai (sig.) sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Canva; Hasil Belajar Kognitif; Project-based Learning
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizky Zakyawan
Date Deposited: 02 Sep 2025 06:37
Last Modified: 03 Sep 2025 06:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117196

Actions (login required)

View Item View Item