Hubungan transparansi pembiayaan pendidikan dengan kepuasan orang tua terhadap pelayanan pendidikan: Penelitian di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Thariq Bin Ziyad Kabupaten Bekasi

Ridwansyah, Agung (2025) Hubungan transparansi pembiayaan pendidikan dengan kepuasan orang tua terhadap pelayanan pendidikan: Penelitian di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Thariq Bin Ziyad Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
01. Cover.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. Abstrak.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. Karya Tulis Ilmiah.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. Daftar Isi.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. Bab 1.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text
06. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text
07. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text
08. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text
09. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[img] Text
10. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text
11. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yaitu belum optimalnya penerapan prinsip transparansi dalam pengelolaan pembiayaan pendidikan, yang berdampak pada kepercayaan dan kepuasan orang tua sebagai pengguna pelayanan pendidikan. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah adanya ketidaksesuaian antara harapan orang tua terhadap keterbukaan informasi pembiayaan dengan realitas di lapangan, khususnya dalam aspek kebijakan, penyampaian dokumen anggaran, serta akses informasi dan tanggapan terhadap pertanyaan atau keluhan orang tua. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui tingkat transparansi pembiayaan pendidikan di SMA Islam Terpadu Thariq Bin Ziyad Kabupaten Bekasi, (2) untuk mendeskripsikan tingkat kepuasan orang tua terhadap pelayanan pendidikan di sekolah tersebut, dan (3) untuk menganalisis hubungan antara transparansi pembiayaan pendidikan dengan kepuasan orang tua terhadap pelayanan pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada 86 responden orang tua peserta didik di SMA Islam Terpadu Thariq Bin Ziyad Kabupaten Bekasi dan dianalisis menggunakan uji normalitas, linearitas, korelasi Pearson, serta koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa transparansi pembiayaan pendidikan berada pada kategori “Tinggi” dengan nilai rata-rata 3,84. Sementara itu, kepuasan orang tua terhadap pelayanan pendidikan juga berada dalam kategori “Tinggi” dengan rata-rata 3,97. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal (sig = 0,200 > 0,05), dan uji linearitas menunjukkan hubungan yang linear antarvariabel (sig = 0,191 > 0,05). Hasil uji korelasi Pearson menunjukkan terdapat hubungan yang sangat kuat dan signifikan antara transparansi pembiayaan pendidikan dengan kepuasan orang tua, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan koefisien korelasi sebesar 0,863. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,745 menunjukkan bahwa 74,5% variasi kepuasan orang tua dapat dijelaskan oleh transparansi pembiayaan pendidikan, sementara sisanya 25,5% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Transparansi Pembiayaan Pendidikan; Kepuasan Orang Tua; Pelayanan Pendidikan
Subjects: Operations, Archieves, Information Centers > Service to Users
Public Finance
General Management > Financial Management
Athletic and Outdoor Sports > Organizations, Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Agung Ridwansyah
Date Deposited: 02 Sep 2025 03:07
Last Modified: 02 Sep 2025 03:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117202

Actions (login required)

View Item View Item