Hubungan penggunaan aplikasi Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dengan peningkatan mutu pendidikan: Penelitian di Madrasah Negeri se-Kota Bandung

Azharitza, Yunisa Nur (2025) Hubungan penggunaan aplikasi Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dengan peningkatan mutu pendidikan: Penelitian di Madrasah Negeri se-Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Image
LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI SKRIPSI YUNISA.jpg

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Lembaga pendidikan harus melakukan evaluasi atau peninjauan ulang terhadap lembaganya secara periodik dan sistematis untuk dapat meningkatkan mutu pendidikan. Akan tetapi pada pelaksanaanya, evaluasi manual masih banyak sekali kekurangan dan kelemahannya, seperti dari segi waktu yang cukup lama dalam prosesnya. Melihat kekurangan tersebut, Kementrian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) dengan proyek barunya Realizing Education’s Promise-Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR) telah mengembangkan platform digital yang mempermudah madrasah dalam melakukan evaluasi yang dinamakan Evaluasi Diri Madrasah yang bertujuan untuk mempermudah madrasah dalam meningkatkan mutu atau kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penggunaan aplikasi EDM di Madrasah Negeri se-Kota Bandung; 2) Mendeskripsikan peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Negeri se-Kota Bandung; 3) Menganalisis hubungan aplikasi EDM dengan peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Penggunaan aplikasi EDM di Madrasah Negeri se Kota Bandung memiliki jumlah nilai rata-rata 4,4396 yang berada pada skala 3,50-4,50 yang termasuk kedalam kategori “Tinggi”. Hal ini dapat diartikan bahwa aplikasi EDM dikatakan baik yang dapat dilihat dari kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas pelayanan, penggunaan, kepuasan pengguna dan manfaat bersih; 2).Peningkatan mutu Pendidikan di Madrasah Negeri se Kota Bandung memiliki jumlah nilai rata-rata 4,5521 yang berada pada skala 4,50-5,50 yang termasuk ke dalam kategori “Sangat Tinggi”. Hal ini dapat diartikan bahwa peningkatan mutu madrasah dapat dikatakan baik yang dapat dilihat dari standar isi, standar proses, standar penilaian, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga pendidik, standar pengelolaan, standar pembiayaan, standar sarana dan prasarana; 3). Penggunaan aplikasi EDM memiliki hubungan yang kuat dengan peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Negeri se Kota Bandung. Hal ini diperoleh dapat dilihat dari hasil uji korelasi yang bernilai 0,649 (Kategori Kuat). Selain itu, dari hasil R Square dapat dilihat aplikasi EDM dengan peningkatan mutu pendidikan memiliki hubungan sebesar 42,2% dan 57,8% diperoleh dari faktor lain selain aplikasi EDM.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi EDM; Peningkatan Mutu Pendidikan; Madrasah
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yunisa Nur Azharitza
Date Deposited: 03 Sep 2025 05:48
Last Modified: 03 Sep 2025 05:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117211

Actions (login required)

View Item View Item