Penerapan model pembelajaran Guided Inquiry Learning berbantuan media Gemini AI untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian Quasi Eksperimen terhadap siswa kelas X di SMK Kharisma Nusantara Kab Bandung

Mustofa, Rizal Fauzi (2025) Penerapan model pembelajaran Guided Inquiry Learning berbantuan media Gemini AI untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian Quasi Eksperimen terhadap siswa kelas X di SMK Kharisma Nusantara Kab Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pernyataan sendiri (1).pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (398kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh pembelajaran konvensional yang kurang melibatkan keaktifan siswa. Metode pembelajaran yang bersifat satu arah membuat siswa pasif dan kurang termotivasi untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses belajar. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembelajaran serta media pembelajaran yang lebih interaktif dan mampu meningkatkan keterlibatan siswa secara langsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Penerapan model pembelajaran Guided Inquiry Learning berbantuan media Gemini AI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, 2) Peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry Learning berbantuan media Gemini AI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini berdasarkan atas teori bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat ditingkatkan salah satunya yaitu dengan, model pembelajaran Guided Inquiry Learning berbantuan media Gemini AI. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry Learning berbantuan media Gemini AI. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi Eksperimental Design, yang membandingkan hasil antara kelompok eksperimen yang mendapatkan intervensi dan kelompok kontrol yang tidak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, Wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya adalah uji validitas, reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, independent sample t-test, uji homogenitas, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) Penerapan model pembelajaran Guided Inquiry Learning berbantuan media Gemini AI secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 2) Hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry Learning berbantuan media Gemini AI mendapatkan nilai Rata-rata post-test yang meningkat dari 52,75 menjadi 85,25, dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,68 (kategori sedang). Dengan demikian, model ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan aktif siswa pada pembelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Guided Inquiry Learning; Gemini AI; Hasil Belajar; Pendidikan Agama Islam (PAI); SMK
Subjects: Special Computer Methods > Artificial Intelligence
Islam
Islam > Islamic Religious Education
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizal Fauzi Mustofa
Date Deposited: 03 Sep 2025 07:21
Last Modified: 03 Sep 2025 07:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117401

Actions (login required)

View Item View Item