Mustofa, Rizal Fauzi (2025) Penerapan model pembelajaran Guided Inquiry Learning berbantuan media Gemini AI untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian Quasi Eksperimen terhadap siswa kelas X di SMK Kharisma Nusantara Kab Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
lembar pernyataan sendiri (1).pdf Download (419kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (398kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (889kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh pembelajaran konvensional yang kurang melibatkan keaktifan siswa. Metode pembelajaran yang bersifat satu arah membuat siswa pasif dan kurang termotivasi untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses belajar. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembelajaran serta media pembelajaran yang lebih interaktif dan mampu meningkatkan keterlibatan siswa secara langsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Penerapan model pembelajaran Guided Inquiry Learning berbantuan media Gemini AI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, 2) Peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry Learning berbantuan media Gemini AI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini berdasarkan atas teori bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat ditingkatkan salah satunya yaitu dengan, model pembelajaran Guided Inquiry Learning berbantuan media Gemini AI. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry Learning berbantuan media Gemini AI. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi Eksperimental Design, yang membandingkan hasil antara kelompok eksperimen yang mendapatkan intervensi dan kelompok kontrol yang tidak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, Wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya adalah uji validitas, reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, independent sample t-test, uji homogenitas, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) Penerapan model pembelajaran Guided Inquiry Learning berbantuan media Gemini AI secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 2) Hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry Learning berbantuan media Gemini AI mendapatkan nilai Rata-rata post-test yang meningkat dari 52,75 menjadi 85,25, dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,68 (kategori sedang). Dengan demikian, model ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan aktif siswa pada pembelajaran PAI.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guided Inquiry Learning; Gemini AI; Hasil Belajar; Pendidikan Agama Islam (PAI); SMK |
Subjects: | Special Computer Methods > Artificial Intelligence Islam Islam > Islamic Religious Education Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rizal Fauzi Mustofa |
Date Deposited: | 03 Sep 2025 07:21 |
Last Modified: | 03 Sep 2025 07:21 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117401 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |