Pengaruh iklan politik melalui media luar ruang terhadap perilaku pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024 di Kota Bekasi

Milady, Thariq Kemal (2025) Pengaruh iklan politik melalui media luar ruang terhadap perilaku pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024 di Kota Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI)
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (421kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena masifnya penggunaan media luar ruang sebagai sarana kampanye politik pada Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024 di Kota Bekasi, meskipun dunia telah memasuki era digitalisasi. Media luar ruang, seperti baliho, spanduk, dan billboard, tetap menjadi sarana utama bagi para kandidat dalam menyampaikan pesan politik mereka kepada masyarakat.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mengukur, dan menganalisis Pengaruh iklan politik melalui media luar ruang terhadap perilaku pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024 di Kota Bekasi. Penelitian ini didasarkan pada Teori Komunikasi Politik yang dikemukakan oleh Brian McNair dan Teori Perilaku Pemilih menurut Ramlan Subakti. Teori komunikasi politik menjelaskan bahwa komunikasi politik yang efektif seperti pesan-pesan yang disampaikan melalui iklan politik melalui media luar ruang, dapat memengaruhi perilaku politik individu. Sementara itu, teori perilaku pemilih menyatakan bahwa keputusan seseorang dalam memilih dipengaruhi oleh tiga pendekatan utama, yaitu pendekatan sosiologis, psikologis, dan rasional.Dengan merujuk pada kedua landasan teori tersebut, maka dirumuskan hipotesis dalam penelitian ini, yakni: H1 (hipotesis alternatif) menyatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara iklan politik melalui media luar ruang terhadap perilaku pemilih, dan H0 (hipotesis nol) menyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh antara kedua variabel tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh daftar pemilih tetap di Kota Bekasi Pada Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024, dengan jumlah sampel sebanyak 400 responden yang ditentukan berdasarkan distribusi per kecamatan menggunakan teknik stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner terstruktur berbasis skala Likert. Data yang diperoleh kemudian diuji melalui uji validitas dan reliabilitas, serta dianalisis menggunakan beberapa tahap analisis, yaitu uji asumsi klasik, analisis deskriptif terhadap tanggapan responden, analisis regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi, dan uji-t parsial pada tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan politik melalui media luar ruang berpengaruh signifikan terhadap perilaku pemilih dengan nilai koefisien regresi (β) sebesar 0,828 dan nilai signifikansi p < 0,001, yang lebih kecil dari 0,05. Nilai korelasi (R) dan koefisien determinasi (R² = 0,522) menunjukkan hubungan yang cukup kuat, yang berarti bahwa iklan politik mampu menjelaskan variasi perilaku pemilih sebesar 52,2%. Temuan ini mengindikasikan bahwa pendekatan rasional dalam isi iklan politik lebih tinggi dalam memengaruhi preferensi politik pemilih di Kota Bekasi, disusul oleh pendekatan sosiologis yang cukup berpengaruh, dan pendekatan psikologis yang rendah pengaruh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Iklan Politik; Media Luar Ruang; Perilaku Pemilih; Pemilihan Kepala Daerah
Subjects: Political dan Government Science > Political Situation and Condition in Indonesia
Political Process
Political Process > Election System
Political Process > Political Campaigns
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: Thariq Kemal Milady
Date Deposited: 03 Sep 2025 08:36
Last Modified: 03 Sep 2025 08:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117408

Actions (login required)

View Item View Item