Nazwa, Syifa Auliya (2025) Meningkatkan minat belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran quick on the draw berbantuan media papan climbing: Penelitian tindakan kelas di kelas V MI Darussyifa Al-Musri'1 pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
3_lembarpernyataan.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
3_lembarpernyataan.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (186kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa kelas V MI Darussyifa Al-Musri’1 pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Hasil pra siklus menunjukkan dari 15 siswa, sebanyak 14 siswa berada pada kategori kurang berminat dan 1 siswa berada pada kategori cukup berminat. Kemudian rata-rata keseluruhan yaitu 25 dengan kategori kurang berminat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya strategi pembelajaran quick on the draw berbantuan media papan climbing dan bagaimana proses penerapan strategi pembelajaran quick on the draw berbantuan media papan climbing pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di kelas V MI Darussyifa Al-Musri’1. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan campuran (mixed methods). Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus dan setiap siklusnya dilakukan sebanyak dua pertemuan. Jenis data pada penelitian ini yaitu jenis data kualitatif dan jenis data kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa serta minat belajar siswa setelah diterapkan strategi pembelajaran quick on the draw berbantuan media papan climbing. Aktivitas guru pada siklus I mencapai 70% dengan kategori baik kemudian siklus II mencapai 100% dengan kategori sangat baik. Sedangkan untuk aktivitas siswa pada siklus I mencapai 69% dengan kategori baik kemudian pada siklus II mencapai 85% dengan kategori sangat baik. Hasil minat belajar siswa setelah menerapkan strategi pembelajaran quick on the draw berbantuan media papan climbing pada siklus I memperoleh skor rata-rata yaitu 33 dengan kategori cukup berminat, sedangkan pada siklus II memperoleh skor rata-rata yaitu 44 dengan kategori berminat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar; strategi pembelajaran quick on the draw; papan climbing; Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) |
Subjects: | Education, Research Religious Education Islam > Islamic History Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Syifa Auliya Nazwa |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 07:44 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 07:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117439 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |