Dawam, Rifan Muhamad (2025) Pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap mutu pendidikan: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (372kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (714kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap mutu pendidikan di MTs Negeri 2 Kota Bandung. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya peran kepala madrasah sebagai pemimpin dalam meningkatkan kualitas pendidikan, baik secara akademik maupun non-akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif, dan pengumpulan data dilakukan melalui angket tertutup dengan skala Likert kepada seluruh guru sebagai populasi penelitian.Variabel independen dalam penelitian ini adalah kepemimpinan kepala madrasah yang diukur berdasarkan indikator seperti bersifat adil, memberi saran, mendukung tercapainya tujuan, menjadi katalisator, menciptakan rasa aman, menjadi wakil organisasi, sumber inspirasi, dan bersikap menghargai. Sementara itu, variabel dependen adalah mutu pendidikan yang diukur berdasarkan delapan standar nasional pendidikan (SNP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala madrasah terhadap mutu pendidikan di MTs Negeri 2 Kota Bandung analisis statistik Uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa koefisien regresi sebesar 0,718 dan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala madrasah terhadap mutu pendidikan. Nilai t hitung sebesar 7,857 lebih besar dari t tabel 2,000, sehingga hipotesis alternatif diterima. Nilai R Square sebesar 0,515 menunjukkan bahwa 51,5% variasi dalam mutu pendidikan dapat dijelaskan oleh variabel kepemimpinan kepala madrasah Hal ini mengindikasikan bahwa efektivitas peran kepala madrasah dalam menjalankan fungsi kepemimpinan sangat menentukan peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja kepemimpinan serta menjadi acuan bagi pengelola pendidikan dalam upaya peningkatan mutu sekolah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Kepala Madrasah; Mutu; Pendidikan |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Rifan Muhamad Dawam |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 06:54 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 07:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117531 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |