Darmawan, Alifah Nurhida (2025) Pengaruh manajemen program Full Day School terhadap penguatan pendidikan karakter siswa di SMP Al Amanah Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (SURAT PERNYATAAN)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftar isi.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_BAB I.pdf Download (208kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Program full day school sebagai kebijakan dalam memperkuat Pendidikan karakter menjadi sebuah program yang diharapkan mampu memperbaiki dan memperkuat Pendidikan karakter. Berdasarkan data Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) yang mencatat 11.116 anak di Indonesia terlibat dalam kasus kriminal antara tahun 2011 hingga 2018, termasuk pencurian, begal, geng motor, perundungan / bullying dan tauran. Program ini diharap mampu mengoptimalkan waktu belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis Manajemen Program Full Day School di SMP Al Amanah Cileunyi, Kabupaten Bandung (2) Menganalisis Penguatan Pendidikan Karakter di SMP Al Amanah Cileunyi, Kabupaten Bandung (3) Menganalisis pengaruh manajemen program full day school terhadap penguatan pendidikan karakter siswa di SMP Al Amanah Cileunyi, Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dengan model skala likert yang terdiri dari lima alternative pilihan jawaban yang diberikan kepada 33 & 80 responden sebagaimana populasi dan sampel pada penelitian ini. Berdasarkan hasil pengujian statistik pada variable X yaitu manajemen program full day school di SMP Al Amanah Cileunyi, Kabupaten Bandung memperoleh hasul dengan rata-rata 4,17 berada dalam kategori “Tinggi” maka dapat dikatakan bahwa responden guru terhadap empat indikator dalam variabel manajemen program full day school (x) didapat dikatakan baik. Kemudian hasil pengujian di variabel (Y) yaitu penguatan pendidikan karakter siswa, yang terdiri dari 3 indikator. Memperoleh hasil rata-rata yang tergolong “Sangat Tinggi” dengan nilai rata- rata 4,34 yang menunjukkan respon yang sangat baik terhadap tiga indikator. Hasil analisis regresi sederhana, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,998 (lebih besar dari 0,05) dan nilai rhitung sebesar 0,003 (lebih kecil dari rtabel 2,040), yang berarti tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara manajemen program full day school terhadap penguatan pendidikan karakter siswa. Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat fakto-faktor lain di luar manajemen program full day school yang memengaruhi karakter siswa, termasuk pengaruh lingkungan sosial dan keterlibatan keluarga.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Program; Full Day School; Pendidikan Karakter |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Alifah Nurhida Darmawan |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 07:43 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 07:43 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117557 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |