Tradisi pesta dadung di masyarakat Kuningan: Studi upacara adat di masyarakat Legokherang Kecamatan Cilebak Kabupaten Kuningan Jawa Barat

Ratnaningsih, Anik (2018) Tradisi pesta dadung di masyarakat Kuningan: Studi upacara adat di masyarakat Legokherang Kecamatan Cilebak Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Diploma thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (524kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini berdasarkan pengertian tentang kebudayaan yaitu hasil cipta, karya, dan rasa manusia. Dalam kehidupan masyarakat tidak lepas dari budaya atau trvdisi, begitu pula dengan masyarakat yang berada di kampung Legokherang yang berpegang teguh terhadap Agama Islam dan juga mempunyai Ttradisi Upacara Pesta Dadung sebagai rasa syukur atas hasil panen yang telah Allah Swt berikan. Dalam hal ini penulis merumuskan tiga (3) permasalahan sebagai berikut, Bagaimana aktivitas tradisi upacara pesta dadung di masyarakat desa Legokherang Kecamatan Cilebak Kabupaten Kuningan?, Bagaimana cara pelasanaan aktivitas Tradisi Upacara Pesta Dadung di masyarakat desa Legokherang Kecamatan Cilebak Kabupaten Kuningan?, Apa yang dihasilkan oleh masyarakat Desa Legokherang setelah upacara pesta dadung? Adapun metode yang digunakan penulis adalah metode penelitian lapangan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan yaitu tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemerintahan, dan para masyarakat kampung Legokherang. Sedangkan metode yang digunakan yaitu metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukan: (1). Aktivitas tradisi upacara pesta dadung selalu dilaksanakan pada bulan September pada hari sabtu pahing minggu puhun. Aktivitas upacara pesta dadung selalu menyembelih hewan kambing, dan kerbau, (2). Cara pelaksanaan upacara pesta dadung bermula pada penyambutan para pejabat dvri kaupaten Kuningan, dilanjutkan dengan menyanyikan kidung dan diakhiri dengan pesta atau hiburan, (3). Hasil temuan dilapangan yaitu ada dua pendapat yang berbeda pertama masyarakat muslim memandang upacara pesta dadung sebagai wadah pertemuan, kedua menurut tokoh adat upacr pesta dadung sebabagai pondasi keyakinan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Upacara Pesta Dadung
Subjects: Ethical Systems > Consequentialism and Utilitarianism
Customs of People > General Publications
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: Anik Ratnaningsih
Date Deposited: 25 Jul 2018 07:11
Last Modified: 25 Jul 2018 07:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/11756

Actions (login required)

View Item View Item