Hayati, Risma (2025) Penerapan model pembelajaran IDEA (issue, discussion, establish, and apply) untuk meningkatkan kemampuan computational thingking mathematis pada siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (385kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (635kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (833kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (747kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (375kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) penerapan model pembelajaran IDEA dalam pembelajaran matematika; (b) peningkatan kemampuan computational thinking mathematis antara siswa yang menggunkan model pembelajaran IDEA dengan model pembelajaran konvensional; (c) pencapaian kemampuan computational thinking mathematis antara siswa yang menggunkan model pembelajaran IDEA dengan model pembelajaran konvensional; dan (d) respons siswa terhadap model pembelajaran IDEA. Penelitian ini dilakukan di MTs Ma’arif Cikeruh Jatinangor menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen tes (pretest dan posttest) serta instrumen non tes yang terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan siswa dan lembar angket respons siswa terhadap model pembelajaran IDEA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) penerapan model pembelajaran IDEA tergolong sangat baik berdasarkan observasi aktivitas kegiatan guru dan siswa; (b) peningkatan kemampuan computational thinking mathematis siswa yang menggunkan model pembelajaran IDEA lebih baik dari pada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (c) pencapaian kemampuan computational thinking mathematis siswa yang menggunkan model pembelajaran IDEA lebih baik dari pada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; dan (d) respons siswa terhadap model pembelajaran IDEA tergolong sangat positif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Computational Thingking Mathematis; Model Pembelajaran IDEA; Respons |
Subjects: | Education Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Risma Hayati |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 04:24 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 04:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117697 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |