Penerapan model pembelajaran IDEA (issue, discussion, establish, and apply) untuk meningkatkan kemampuan computational thingking mathematis pada siswa

Hayati, Risma (2025) Penerapan model pembelajaran IDEA (issue, discussion, establish, and apply) untuk meningkatkan kemampuan computational thingking mathematis pada siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (635kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (833kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) penerapan model pembelajaran IDEA dalam pembelajaran matematika; (b) peningkatan kemampuan computational thinking mathematis antara siswa yang menggunkan model pembelajaran IDEA dengan model pembelajaran konvensional; (c) pencapaian kemampuan computational thinking mathematis antara siswa yang menggunkan model pembelajaran IDEA dengan model pembelajaran konvensional; dan (d) respons siswa terhadap model pembelajaran IDEA. Penelitian ini dilakukan di MTs Ma’arif Cikeruh Jatinangor menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen tes (pretest dan posttest) serta instrumen non tes yang terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan siswa dan lembar angket respons siswa terhadap model pembelajaran IDEA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) penerapan model pembelajaran IDEA tergolong sangat baik berdasarkan observasi aktivitas kegiatan guru dan siswa; (b) peningkatan kemampuan computational thinking mathematis siswa yang menggunkan model pembelajaran IDEA lebih baik dari pada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (c) pencapaian kemampuan computational thinking mathematis siswa yang menggunkan model pembelajaran IDEA lebih baik dari pada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; dan (d) respons siswa terhadap model pembelajaran IDEA tergolong sangat positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Computational Thingking Mathematis; Model Pembelajaran IDEA; Respons
Subjects: Education
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Risma Hayati
Date Deposited: 08 Sep 2025 04:24
Last Modified: 08 Sep 2025 04:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117697

Actions (login required)

View Item View Item