Tabligh Melalui Media Sosial LINE : Studi Deskriptif pada akun Official “Dunia Jilbab

Putri, Indah Purnama (2018) Tabligh Melalui Media Sosial LINE : Studi Deskriptif pada akun Official “Dunia Jilbab. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
dapus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan tekhnologi dalam bidang informasi dan komunikasi ini memiliki banyak manfaat dan tidak lepas juga dari berbagai macam kerugian yang mungkin terjadi. Melihat kemajuan tekhnologi informasi banyak sekali aplikasi media sosial yang muncul seperti (Facebook, Twitter, Path dan sebaginya) dan pesan instant (Whatsapp, LINE, dan BBM) yang saat ini banyak dimanfaatkan oleh pengguna untuk menyampaikan kajian-kajian Islam dengan cepat, mudah dan tanpa batas. Media sosial LINE yang digunakan sebagai media tabligh untuk menyampaikan pesan-pesan tabligh salah satunya seperti pada akun LINE @duniajilbab. Akun Dunia Jilbab berinovasi dalam melakukan tabligh yaitu dengan cara menyampaikan pesan tablighnya melalui gambar, quotes, yang bersumber dari Al-Qur’an, Hadist Nabi SAW, Nasihat Para Ulama, dan cerita inspiratif dari kontributor. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses tabligh melalui media sosial LINE (akun Dunia Jilbab), selanjutnya mengetahui kelebihan dan kekurangan tabligh melalui media media sosial LINE (akun Dunia Jilbab). Serta, mengetahui strategi memanfaatkan media sosial LINE sebagai media tabligh. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi S-M-C-R Berlo dan konsep Virtual Ummah untuk menjawab permasalahan pada penelitian ini. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif yakni memberikan gambaran mengenai tabligh melalui media sosial LINE yang ada pada akun official Dunia Jilbab dan dilengkapi dengan proses wawancara terhadap admin akun Dunia Jilbab. Cara pengelolaannya dengan cara memasukan data-data yang sejenis lalu menguraikan secara naratif yang menggambarkan secara meluas dan mendalam tentang subjek penelitian. Jenis data dalam penelitian ini yaitu segala informasi yang berkaitan dengan tabligh yang dilakukan melalui media sosial LINE pada akun Dunia Jilbab. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses tabligh di media sosial LINE dibagi menjadi empat komponen dasar yaitu mengetahui sumber komunikator/mubaligh, mengetahui sumber pesan, mengetahui channel atau saluran yang digunakan dan receiver/muballagh. Komponen tersebut dilalui secara bertahap dan menghasilkan sebuah respon berupa Likes dan Comment. Kelebihan dan kekurangan tabligh di media sosial LINE adalah segala sesuatu yang menunjang atau menghambat tabligh melalui media sosial LINE. Strategi pemanfaatan media sosial LINE sebagai media tabligh yaitu dengan menggabungkan dua metode dakwah online dan dakwah tatap muka. Hal ini agar lebih efektif. Kata Kunci (Tabligh, Media Sosial, LINE)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tabligh; Media Sosial; LINE
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: indah purnama putri
Date Deposited: 07 Aug 2018 08:51
Last Modified: 07 Aug 2018 08:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/11773

Actions (login required)

View Item View Item